Membuat Tempat Lilin dari Botol Bekas

19 Juni 2014 Tutorial Lain-Lain



Sebelum memiliki penerang ruangan seperti lampu, dahulu orang banyak yang menggunakan lilin sebagai alat penerangan. Selain memiliki harga yang murah, lilin juga bisa ditemukan dimana saja seperti halnya bisa dibeli di warung terdekat. Namun lilin kini sudah disaingi oleh kehadiran lampu yang dominan berada di tiap-tiap rumah.

Meskipun demikian bukan berarti kegunaan lilin sudah tergantikan. Selain menjadi alat penerang ruangan, lilin juga bisa digunakan pada hal-hal lain seperti melepaskan dan merawat reseleting tas, celana, memperbaiki ujung tali sepatu, dan masih banyak lagi kegunaan dari benda yang terbuat dari bahan parafin ini.

Namun apabila memakai lilin biasanya, lilin akan meleleh perlahan-lahan sehingga tidak heran jika anda bisa merasakan panas dari lilin yang meleleh. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan alat penadah untuk lilin tersebut. Bagaimana cara pembuatannya? Yuk kita lihat di bawah ini.

Alat dan bahan:

· Botol minum bekas
· 1 gulung Pita dengan tebal sekitar lebih 2 cm
· Manik-manik dengan warna yang sama
· Lem panas
· Rangkaian pita yang telah dibuat
· Cat putih
· Gunting

Cara pembuatan:

1. Pertama-tama kita dapat memotong ujung botol minum kemasan yang telah disiapkan. gunakan gunting atau cutter untuk memotongnya. Perhatikan, potong bagian atas botol dari ujung botol hingga sepertiganya. Maka hasil dari pemotongan botol akan terlihat seperti pada gambar berikut.


2. Jika sudah, sekarang kecilkan ukuran dari botol yang telah dipotong. Ambil bagian ujung botol sampai leher botol saja. Sisa botol dapat potong. Jika sudah dipotong, sekarang anda dapat mengambil cat berwarna putih yang disiapkan dan beri cat pada botol yang dipotong tadi. Beri cat pada bagian luar dan dalam botol sehingga terlihat seperti gambar berikut. Pada mulut botol bisa dipercantik dengan melilitkan pita yang disiapkan.


3. Apabila sudah, sekarang ambil manik-manik yang disiapkan dan beri lem pada bagian bawah leher botol. Agar pemberian lem tidak sia-sia, anda dapat memberikan lem seperti membentuk titik-titik. Jika sudah diberi lem, langsung anda tempelkan dengan manik-maniknya.


4. Diamkan setelah beberapa menit hingga lem merekat kuat. Apabila sudah merekat, hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut. Anda dapat memberikan hiasan pada tempat lilin dengan rangkaian pita yang telah disiapkan dan diletakan didepan. contohnya bisa dilihat pada tempat lilin pada gambar di kiri.


5. Nah, terakhir letakan lilin pada tempat lilin dengan memasukan lilin di lubang lilin. Anda dapat membuat beberapa tempat lilin untuk diletakan di ruangan yang membutuhkan cahaya.

Oleh: Albert S
(Disadur dari icreativeideas.com)