Membuat Smartphone Holder dari Kayu

12 Januari 2018 Tutorial Lain-Lain


Ponsel pintar bukan lagi hal yang sulit didapat karena dimana-mana semua orang menggunakan ponsel pintar. Ponsel pintar ini memiliki banyak kegunaan salah satunya adalah untuk sosial media. Dengan adanya ponsel pintar ini, banyak orang bisa berhubungan tanpa harus pergi jauh.

Seringkali orang tidak menjaga ponsel pintarnya misalnya ketika sedang menggunakan ponsel pintarnya diletakan di sembarang tempat. Tentu saja ini mempengaruhi umur dari ponsel pintar karena dapat merusak casing dari ponsel pintar dan bisa saja membuat kinerja ponsel menjadi kurang. Untuk menghindari itu semua, kita perlu pelindung dari ponsel pintar.

Salah satunya adalah smartphone holder. Jika kita biasa menemui di toko, kali ini kita bisa buat smartphone holder dengan karya tangan kita sendiri. Nah, untuk pembuatannya silahkan anda dapat mempersiapkan alat dan bahannya seperti:


· Gunting
· Aluminium foil
· Lem kayu
· Kayu veneer
· Kayu dengan siku yang bulat/berbentuk elips
· Plastik vakum
· Alat pembersih debu (Vacuum cleaner)

Cara Pembuatan:


1. Anda dapat mempersiapkan kayu sebagai acuan untuk pembuatan holder ini. Usahakan kayu yang sebagai acuan ini pada sikunya memiliki siku yang bulat seperti elips. Nantinya kayu ini akan membentuk kayu veneer. Permukaan pada kayu haruslah rata dan tidak ada celah karena akan berpengaruh pada hasilnya jika memiliki rongga pada kayu.


2. Sekarang Anda dapat memotong kayu veneer-nya dan bagi menjadi 5 lembar. Potong dengan bentuk yang sama dan tidak ada celah dengan menggunakan gunting. Usahakan agar tidak rusak ketika akan digunting. Setelah dipotong, silahkan dapat mempersiapkan lem kayu untuk proses pengeleman.


3. Oleskan lem kayu pada kayu veneer-nya. Berikan secukupnya agar kayu tidak cepat rusak karena mengingat kayu veneer itu tipis. Untuk tidak mengotori tangan, silahkan gunakan kayu untuk meratakan lem kayu yang telah dioleskan. Oleskan juga pada semua kayu veneer hingga merata pada satu sisi saja.


4. Nah, sekarang anda dapat menyatukan semua kayu yang telah diberi perekat. Untuk penyatuan kayu harus dilakukan secara hati-hati agar bentuknya teratur. Anda dapat meyusun kayu veneernya secara teratur dimulai dari bagian bawah sampai keatas seperti menumpuk namun teratur. Caranya bisa dilihat seperti gambar berikut.


5. Sekarang saatnya untuk pembentukan holder. Caranya ambil kayu veneer yang telah ditempelkan dan bungkus kayu dengan lapisan kayu veneer yang telah diberikan lem. Setelah itu, bungkus lagi dengan aluminium foil. Jika sudah terakhir bungkus kembali dengan plastik vacuum cleaner.


6. Setelah semua dibungkus dengan plastik vacuum cleaner, gunakan mesin vacuum cleaner untuk menyedot angin pada bungkusan kayu. Penyedotan ini dimaksudkan agar kayu veneer menjadi padat dan membentuk holder yang telah dibuat. berikan waktu sekitar 10 - 15 menit. Jika sudah maka keluarkan semua pembungkusnya.


7. Nah, smartphone holder sudah jadi. Anda dapat meletakan ditempat biasanya untuk menggunakannya seperti di meja belajar ataupun bisa dibawa kemana saja.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari instructables.com)
Tags