Membuat Rak Buku dari Karton Bekas yang Unik dan Menarik

27 Agustus 2016 Tutorial Lain-Lain


Jangan biarkan karton bekas Anda tertumpuk begitu saja disudut ruangan atau di gudang. Disamping tidak enak dipandang, tumpukan karton bekas ini dapat juga memakan tempat pada ruangan. Anda bisa membuat karton bekas ini menjadi rak buku yang unik dan menarik. Nah, penasaran bagaimana cara membuatnya?

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
*. 2 buah karton bekas makanan
*. 1 lembar kertas kado
*. Lem secukunya
*. Selotif secukupnya
*. Gunting

Apabila alat dan bahan sudah disiapkan, sekarang Anda bisa langsung membuatnya:
1. Ambil salah satu karton yang telah disiapkan, kemudian potong bagian sisi atas sebelah kanan dengan menggunakan gunting, dan ulangi cara yang sama untuk sisi karton sebelah kiri. Lakukan langkah ini untuk karton yang lain. Lalu, ambil salah satu karton yang telah dipotong dan jika bagian karton telah terbuka, kemudian gunting kembali sedikit bagian karton sebelah atas.


2. Setelah itu, gunting karton bagian depan beberapa cm dari permukaan pada karton yang sama.


3. Ambil karton lainnya yang telah dipotong sebelumnya, kemudian potong bagian depan karton tersebut. Jika pada karton yang lainnya dipotong beberapa cm dari permukaan, berbeda dengan karton satu ini. Dimana pada karton yang satu ini Anda harus memotong tepat pada permukaan bawah, lalu potong sedikit bagian atas karton tersebut.


4. Setelah itu, satukan karton yang telah diproses tadi dengan arah berhadapan hingga membentuk ruang seperti pada gambar dan rekatkan dengan menggunakan selotif agar ke dua karton tersebut tidak terlepas. Selanjutnya, rekatkan juga bagian bawah karton dengan menggunakan selotif.


5. Potong sisi karton yang telah dibentuk pada bagian sisi karton sebelah kanan hingga setengah tinggi karton tersebut, lalu potong bagian karton yang tidak diperlukan.


6. Potong badan karton bagian depan dan belakang karton dengan arah menyerong. Setelah itu, buka kertas kado yang telah disiapkan, lalu lem seluruh bagian karton dan bungkus karton tersebut dengan rapi.


Nah, dengan begitu rak buku Anda sudah selesai, selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags