Membuat Permata dari Kertas

18 September 2015 Tutorial Lain-Lain


Kita sering menemukan seni melipat kertas atau lebih dikenal dengan seni origami kian digemari oleh banyak orang. Karena teknik melipatnya bisa dikatakan unik dan bisa membentuk berbagai bentuk yang sering kita jumpai seperti bentuk angsa, hati, bunga dan masih banyak lagi. Saat ini seni kertas sudah berkembang pesat.

Salah satunya adalah origami dalam bentuk tiga dimesi. Sebenarnya teknik ini lebih mudah jika dibandingkan dengan teknik origami sebelumnya karena memanfaatkan gambar untuk memudahkan kita untuk melakukan pelipatan. Seperti contoh bentuk permata. Jika dilakukan secara melipat biasa memang agak sulit namun dengan gambar serta rangka-rangka pelipatan aka terasa lebih mudah.

Bagaimana hasilnya? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:

· Template atau klise bisa diunduh disini
· Penggaris
· Gunting
· Kertas karton berwarna
· Jarum jahit kecil

Cara pembuatan


1. Pertama cetak terlebih dahulu template atau klise yang telah disediakan menggunakan kertas karton berwarna. Setelah dicetak, ambil bagian kertas yang telah dicetak dengan dipotong menggunakan gunting. Usahakan potong secara simentris karena mengingat bentuk permata sendiri memang lebih detail dalam bentuknya sehingga apabila ada yang terpotong pada bagiannya akan berpengaruh pada bentuknya.


2. Setelah dipotong dengan menggunakan gunting, sekarang kita melakukan proses pelipatan. Jika dilihat dalam pelipatan memang agak sulit. Agar memudahkan pelipatan, kita dapat menggunakan jarum sebagai penanda ketika akan dilipat. Tusuk pada garis-garis yang ada pada gambar untuk penanda jejak pada lipatan nantinya.


3. Setelah diberikan penanda dalam tusukan pada tiap garis gambar, balikan kertas dan lipat pada bagian kertas yang tidak bergambar. Lipat secara perlahan untuk membuat sisi dan sudut pada permatanya. Lipat secara perlahan agar tidak merusak bagian kertas. Lakukan cara ini untuk 7 sisi lainnya.


4. Untuk membentuk lekukan pada bentuk permata harus dilakukan dengan hati-hati jika ingin memiliki hasil yang bagus. Untuk membuat lekukan pada permata, caranya adalah dengan menekan bagian atas ke dalam. Setelah membentuk lekukan, sambungkan sisi yang satu dan lainnya dengan menggunakan lem. Lakukan langkah ini untuk 7 sisi dan di rekatkan hingga menjadi permata. Jadilah permata dari kertas. Anda dapat membuatnya lagi dengan warna yang berbeda misalnya warna putih, kuning dan warna lainnya.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari minieco.co.uk)