Membuat Peralatan Kebun dari Barang Bekas

5 April 2014 Tutorial Lain-Lain


Barang-barang yang terbuat dari plastik terutama kemasan produk memang menjadi salah satu kebutuhan hidup. Kemasan plastik memang banyak digemari karena praktis dan ringan serta murah sehingga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya seringkali dibutuhkan, maka sampah plastik menjadi persoalan dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Nah, untuk menghindari bertumpuknya sampah plastik, kita harus bijak dalam menggunakan dan juga bisa didaur ulang agar bisa menjadi barang yang bermanfaat. Salah satunya adalah untuk membuat peralatan rumah jadi tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli peralatan rumah karena kita akan menggunakan kemasan plastik bekas produk. Penasaran dengan cara kerjanya? Yuk kita lihat alat dan bahannya.

Alat dan bahan


· Botol bekas produk seperti bekas pewangi dan sejenisnya
· Cat akrilik berwarna
· cutter
· Pensil atau pulpen

Cara pembuatan:


1. Pertama-tama, kita harus mengambar seperti apa alat yang harus dibuat. ada 3 jenis yang akan kita buat nanti yakni sekop , serokan dan tajak. Gambarlah kerangka dalam pembuatan peralatan rumah seperti pada gambar berikut. Gunakan alat tulis untuk membuat kerangka pembentukan peralatan kebun ini. Sebelum masuk dalam proses pemotongan, sebaiknya bersihkan pada bagian dalam botol agar memudahkan pemotongan botol nantinya. Gunakan pelindung tangan ketika meotong permukaan botol mengingat permukaan botol akan tajam ketika dipotong.


2. Setelah dibuat kerangkanya, lakukanlah proses pemotongan pada botol tersebut. Gunakan cutter ketika melakukan pemotongan karena gunting memiliki permukaan yang agak tebal pada mata pisaunya. Buatlah secara perlahan hingga ketiga botol telah terpotong seperti gambar berikut.


3. Jika sudah dipotong, anda dapat membersihkan bagian pinggir dari peralatan kebun yang sudah dibuat agar tidak membuat iritasi tangan penggunanya. Apabila sudah silahkan anda dapat mewarnainya dengan warna yang diinginkan dengan menggunakan cat yang telah disiapkan dan warnai sesuai dengan keinginan.


4. Biarkan cat hingga mengering. Warnai juga pada bagian dalamnya untuk memberikan kesan peralatan kebun itu sendiri. Nah, jadilah peralatan kebun dari kemasan bekas produk. Anda dapat menggunakan peralatan yang telah dibuat ketika cat sudah kering.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari opencraftblog.com)