Membuat Pengikat Kabel dari Selotip dan Karet

1 Juli 2015 Tutorial Lain-Lain


Salah satu perangkat penting untuk ponsel pintar adalah kabel USB nya sendiri. Meski dianggap sepele, kabel USB sering digunakan untuk ponsel kita seperti mentransfer data & bisa juga digunakan untuk mengisi daya baterai ponsel. Namun seringkali karena penyimpanan kabel USB yang salah, penggunaannya pun menjadi cepat rusak.


Oleh karena itu, supaya kabel USB tetap awet ada beberapa cara untuk menyimpannya salah satunya adalah dengan menggulung dengan rapi. Nah, bagaimana caranya? Yuk kita sediakan alat dan bahannya seperti:

· Selotip dua sisi (Double Tape)
· Selotip Velcro (perekat yang memiliki pengait)
· Gunting
· 2 batu Magnet berbentuk lingkaran (bisa ditemukan di hiasan pintu kulkas)
· Karet celana bekas

Cara pembuatan:


1. Pertama-tama gunting terlebih dahulu selotip velcro-nya dengan ukuran yang sama. setelah itu, potong dengan menggunakan gunting. Buat 2 lembar dengan ukuran yang sama. kemudian tambahkan selotip 2 sisi pada bagian belakang masing-masing selotip velcro-nya. Usahakan rapi agar dapat direkatkan ketikan nantinya digunakan.


2. Setelah itu Anda dapat mencoba menggulung dengan rapi kabel USB kemudian rekatkan selotip velcro-nya secara melingkar. Jika sudah pas, Anda dapat mengaitkannya pada kabel USB saat digunakan atau sebelum digunakan agar kabel USB awet dan tahan lama.


3. Selain memanfaatkan selotip velcro, kita juga dapat membuatnya dari batu magnet. Caranya cukup sederhana yakni gunakan karet celana yang telah disiapkan dan potong bagian tengahnya hingga terlihat pada gambar berikut. Potong juga bagian tengahnya pada sisi yang berseberangan.


4. Untuk mencocokan karet pada batu magnetnya, caranya dengan menarik lubang karet yang telah dipotong kearah yang berlawanan dan samakan dengan tempat batu magnet. Untuk contoh hasil penyatuannya bisa dilihat pada gambar berikut. Agar lebih kuat gunakan lem bila diperlukan.


5. Gulung kabel USB dan lingkarkan pada bagian tengah kabel USB. Jadilah pengikat kabel dari karet.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari onelmon.com)
Tags