Membuat Pembatas Buku dengan Tali Gantungan

17 Mei 2014 Tutorial Lain-Lain


Anda salah satu dari sekian orang yang suka membaca buku? Ya, segudang informasi akan kita dapatkan salah satunya dengan membaca buku. Di zaman modern ini, selain buku yang edukatif banyak pilihan buku yang dapat Anda pilih sesuai dengan minat pembaca. Misalnya saja novel. Novel pun memiliki berbagai jenis baik edukasi maupun dongeng.


Nah, ketika kita sudah membaca seringkali kita lupa menandakan halaman yang kita pernah baca. Dan akibatnya anda akan membaca halaman yang sama dengan hari sebelumnya. Oleh karena itu kita harus membuat penanda buku. Kali ini kita akan membuat penanda buku dengan hasil yang unik. Ingin tahu cara pembuatannya? Yuk kita lihat berikut ini.

Alat dan bahan:

· Penggaris
· Gunting
· Tali elastis
· Gantungan kunci (sesuai dengan pilihan)

Cara pembuatan:


1. Pertama-tama potonglah tali elastis dengan panjang 30 cm. Anda dapat mengambil sesuai dengan tali yang diinginkan dengan ukuran yang sama. Pada langkah pembuatan pembatas buku ini, kita akan membuatnya berbentuk kalung dan dikaitkan dengan halaman buku yang telah dibaca nanti.


2. Sekarang ambil gantungan kuci yang menurut anda sesuai dengan pilihan. Setelah itu, tempatkan gantungan tersebut pada bagian tengah dari tali elastis tersebut. Setelah sesuai tepat pada bagian tengah tali tambahkan dengan manik-manik lain untuk memperindah pembatas buku ini.


3. Kemudian, Anda dapat mengikat tali pada bagian atas gantungan agar tidak mudah lepas pada saat digunakan untuk membatasi halaman buku. Usahakan posisinya tepat seperti pada gambar ketika akan mengikat tali supaya tidak longar apabila digunakan.


4. Apabila telah terikat pada bagian gantungannya, sekarang kita beralih pada ujung tali pada gantungan. Ikat pada ujung tali gantungan sehingga hasilnya akan membentuk sebuah kalung seperti pada gambar berikut.


5. Nah, setelah itu Anda dapat memakainya dibuku bacaan anda seperti novel, komik, buku pelajaran dan sebagainnya. Jika sudah membuat 1, anda dapat membuatnya kembali dengan mengikuti langkah-langkah sebelumnya.