Membuat Pembatas Buku dengan Seni Origami

2 September 2015 Tutorial Lain-Lain


Indah rasanya jika hidup kita bisa mengenal yang namanya seni. Mengapa seni membuat hidup lebih indah? Karena di dalam seni sendiri memiliki estetika pada objek yang diciptakannya. Seni sendiri juga mencerminkan perasaan seseorang. Seperti contoh ketika kita menyaksikan hasil karya pelukis yang mencerminkan perasaannya melalui lukisan.


Tidak hanya dalam melukis, kita juga bisa menciptakan sesuatu yang unik dari kerajinan tangan. Kali ini kita akan membuat pembatas buku dengan seni melipat atau lebih dikenal dengan origami. Nah, bagaimana cara membuatnya? Yuk, kita siapkan alat dan bahannya seperti:

· Kertas origami atau bercorak
· Solatip

Cara pembuatan:

1. Pertama lipat kertas origami menjadi 2 dan potong 2 bagian. Ambil salah satu bagian kertas yang telah dipotong. Setelah mendapatkan setengah dari kertas origami, lipat secara vertikal dan lipat kembali secara horizontal. Setelah itu, lipat kertas keatas dan lakukan hal yang sama pada sisi yang berseberangan. Hasilnya akan terlihat pada gambar nomor 4 membentuk segilima.


2. Kemudian kita fokus kebagian belakang segilima. Pada bagian atas dibelakang segilima, lipat menjadi 2 pada bagian atas. Setelah terlipat, untuk membuat bentuk hati, lipat kembali membentuk segitiga siku-siku pada kedia bagian dari atas segilima. Jika sudah, balik kembali ke bagian depan sehingga terlihatlah bentuk hati. Berikan solatip pada bagian dalam bentuk hati sehingga tidak akan terberai ketika diselipkan pada salah satu sisi buku. Anda juga bisa membuat dengan kerta yang warna atau corak yang lain. Selamat mencoba !

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari howaboutorange.blogspot.com)
Tags