Membuat Pembatas Buku Bacaan dengan Kertas

22 Januari 2014 Tutorial Lain-Lain


Apakah kalian merupakan salah satu orang yang suka membaca novel? Ya, seperti yang kita ketahui buku novel yang kita jumpai memiliki isi cerita yang panjang dan membuat sebuah buku novel bisa dikatakan tebal. Tidak sedikit orang mungkin tidaklah selesai membaca cerita novel. Bisa saja ada keperluan lain yang harus dikerjakan dan hal lain yang lebih diutamakan.

Tak jarang kita melipat halaman buku supaya kita dapat menandai halaman yang pernah dibaca. Tapi jika seringkali dilipat, maka buku novel pun akan cepat rusak. Oleh karena itu, kita akan membuat pembatas halaman buku bacaan agar menjaga buku tidak cepat rusak dan tetap tahan lama.

Cara membuat pembatas halaman buku ini terbilang mudah dan praktis. Untuk lebih jelasnya kita bisa melihat cara pembuatannya berikut ini.

Alat & Bahan

· Kertas hitam
· Kertas HVS berwarna (warna bisa ditentukan) dengan ukuran 5x5 cm
· Lem kertas
· Gunting / cutter

Untuk cara pembuatan bisa disimak pada beberapa langkah berikut:


1. Gunting Kertas HVS berbentuk segitiga dengan ukuran 5 x5 cm dan potong sebuah persegi berukuran 5 cm x 5 cm secara diagonal dan beri jarak 0.5 cm berlebih sebagai tempat di mana lem akan dioleskan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut.


2. Jika kertas berbentuk segitiga sudah dibuat, sekarang buatlah persegi dengan menggunakan kertas HVS dengan ukuran yang sama dengan segitiga yakni 5 x 5 cm. Kemudian tempelkan segitiga yang telah dibuat pada bagian atas. Pada bagian ini yang merupakan pembatas bukunya.


3. Jika sudah, diamkan beberapa menit sampai merekat kuat. Sambil menunggu kering, buatlah gambar yang menyerupai kumis pada kertas hitam. Jika sudah membuatnya lalu gunting kertas tersebut menyerupai kumi. Apabila sudah berikan lem pada pada kumisnya (sisi depat atau belakang.


4. Langkah terakhir, tempelkan gambar kumis di segitiga yang telah dibuat tadi seperti pada gambar dan diamkan beberapa menit hingga dapat merekat kuat.


5. Apabila sudah, pembatas halaman buku sudah dapat digunakan. Tidak hanya untuk buku novel saja. Pembatas buku ini juga dapat digunakan untuk buku lainnya seperti komik, buku pelajaran, skripsi, majalah dan buku bacaan lainnya.

(Dikutip dari onelmon.com)