Membuat Pelindung Flashdisk dari Kayu

27 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Memori untuk penyimpan data yang memiliki ukuran praktis dan mudah dibawa atau lebih dikenal dengan Flashdisk kini menjadi sebuah kebutuhan terutama untuk kalangan pelajar dan pekerja untuk menyimpan data penting seperti tugas, skripsi, planning job dan data penting lainnya. Karena bentuknya yang praktis, ringan dan dominan terbuat dari plastik seringkali flashdisk jatuh tanpa disengaja. Dan akibatnya, flashdisk pecah dan rusak. Seperti wadah berisi air, flashdisk yang rusak juga akan merusak isi file data anda dan tidak dapat dilihat ketika dibaca komputer.

Agar flashdisk tidak jatuh-jatuh lagi, sebaiknya kita membuat pelindung flashdisk kita agar tidak mudah rusak. Pelindungnya terbuat dari kayu sehingga kecil kemungkinannya untuk rusak atau pecah. Ingin tahu cara pembuatan dan hasilnya? Yuk kita intip pengerjaannya,

Alat & bahan:


· Kayu lapis (panjang dan ketebalan bisa disesuaikan dengan flashdisk anda)
· Gergaji pita
· Pisau gergaji / gergaji besi
· Pensil / spidol
· Kertas amplas (kasar dan halus)
· Lem kayu (Fox, aibon dll)
· Flashdisk
· Penjepit untuk kayu
· Kacamata pengaman (gunakan ketika memotong kayu dengan gergaji agar serbuk kayu tidak masuk ke mata)

Cara pembuatan:

1. Ambil sepotong kayu lapis lalu letakan flashdisknya diatas kayu lapis dan berada diposisi tengah dan tandai bentuk flashdisk dengan pensil atau spidol. Hal ini bertujuan agar mudah dipotong saat melakukan pemotongan kayu.


2. Kemudian potonglah kayu dengan menggunakan gergaji besi. Potong sesuai dengan tanda yang diberikan dengan pensil / spidol. Potongan bekas melubangi kayu jangan terlebih dahulu dibuang karena akan digunakan untuk mengukur posisi flashdisk pada tahap akhir.


3. Setelah dipotong, ambil kertas amplas dan amplaskan ke bagian yang dilubangi membentuk ukuran flashdisk tadi. Hal ini dilakukan agar sisi kayu lebih halus. Lalu siapkan kayu lapis yang berukuran lebih kecil dari sebelummnya yang dibagi dua seperti pada gambar.


4. Ambil lem kayu dan olesi lem di salah satu sisi kayu yang berukuran kecil. Kemudian ratakan lem di segala sisi kayu dan lem dibawah kayu lapis yang ada lubangnya tepat ditengah seperti pada gambar.


5. Kemudian ambil flasdisknya dan masukan di bagian tengah kayu yang telah dipotong lalu tambahkan lem pada bagian atas flashdisk


6. Tutup dengan sepotong kayu lapis kecil sehingga flashdisk terbungkus oleh 3 lapis kayu seperti pada gambar


7. Setelah flashdisk terbungkus rapat dengan kayu, bawalah ke penjepit lem dapat meresap ke kayu lapis sehingga membentuk lapisan kayu yang kuat ketika akan dotong nantinya. Diamkan di penjepit hingga lem benar-benar kering.


8. Apabila lemnya sudah kering, ambil potongan bekas melubangi kayu yang berbentuk flashdisk kemudian letakan diatas dan tandai dengan menggunakan pensil atau alat tulis seperti pada gambar.

9. Kemudian potong sesuai dengan bentuk yang ditandai dengan menggunakan gergaji besi. Saat pemotongan mungkin anda memerlukan bantuan orang yang lebih kuat untuk memotong kayu mengingat kayunya terdiri dari 3 lapis dan tebal.

10. Apabila sudah terpotong dan membentuk flash disk. Agar lebihhalus permukaannnya gunakan amplas kasar terlebih dahulu untuk menghaluskan siku dari kayu dan amplas halus pada bagian badan pelindung flashdisk ini.


11. Akan lebih bagus lagi jika menggunakan gergaji pita sehingga flashdisk memiliki bentuk yang lebih halus seperti gambar berikut.


(Dikutip dari crafts.tutsplus.com)