Membuat Pajangan Pintu dengan Polihedron

16 Januari 2014 Tutorial Lain-Lain


Mungkin terlintas dari benak anda ketika melihat kamar anda ialah bagaimana membuat dekorasi kamar agar lebih indah ditempati. Tidak dapat dipungkiri jika kamar Anda mencerminkan kepribadian bahkan ada yang menggangap bahwa kamar sendiri adalah dimensi atau dunia yang diciptakan oleh diri sendiri.


Nah, agar kamar terlihat bervariasi tidak salah jika anda membuat dekorasi yang unik seperti halnya membuat gantungan disekitar pintu kamar anda. Selain menjadi terlihat indah, juga dapat menggambarkan ciri khasnya sendiri.

Kali ini, kita akan membuat gantungan pintu dari kertas yang dibentuk polihedron. Untuk informasi saja, Polihedron adalah empat atau lebih poligon tiga dimensi disertakan. Penasaran bentuk dan cara pembuatannya? Yuk langsung saja simak cara pembuatannya berikut.

Alat dan bahan:

· 15 lembar kertas berwarna ukuran A4 atau Letter
· Klise atau contoh cara pembuatan polihedron. Untuk contoh bisa di cetak/ diunduh di klise polihedron
· 1 rol benang jahit putih (warna bebas)
· Alas untuk pemotongan
· Penggaris besi
· Cutter
· Lem stik atau double tape
· 1 Kayu dengan panjang 50 cm dan tebal sekitar 1,2 cm.
· Isolasi

Cara pembuatan:

1. Unduh dan cetak dengan menggunakan ke 15 kertas A4 berwarna sesuai contoh yang diberikan.


2. Jika sudah dicetak kertas A4-nya, potong sisi yang tidak penting sehingga membentuk seperti kemasan suatu produk yang terbuka. Potong ke 15 kertas yang telah di cetak.


3. Agar lebih memudahkan dalam pengeleman, cobalah untuk lipat pada sisi yang diberi garis supaya terlihat lebih rapi dan bersih.


4. Lem kertas di sepanjang lipatan. Cukup sekali saja lem pada tiap sisinya. Hal ini berguna untuk menghindari kertas terlalu basah dan mengakibatkan bergelembung pada permukaan kertas saat penyatuan lipatan berlangsung.


5. Ambil isolasi serta benang putih yang panjangnya bisa disesuaikan. Tempelkan benang jahit dengan isolasi pada salah sati sisi dalam polihedron seperti pada gambar berikut. Benang jahit ini nantinya akan berguna sebagai penggantung. Ulangi langkah 4 dan 5 untuk ke 14 kertas lain.


6. Apabila sudah semua, sekarang untuk penempatan. Penempatan akan dibuat seperti segitiga dengan ujungnya menghadap ke bawah. Buatlah 5 sisi seperti untuk baris pertama dengan polihedron 1 kemudian pada baris kedua dengan polihedron 2 dan seterusnya hingga 5 baris polihedron seperti pada gambar berikut.


7. Siapkan kayu dan beri jarak untuk pengikatan benang pada nantinya. Untuk jarak bisa disesuaikan ukurannya dan akan ada 5 ikatan benang untuk menggantung ke 15 polihedronya. Agar lebih mudah dalam penggantungan saat pengikatan benang, gunakan dua bangku dan taruh secara horizontal diantara 2 bangku tersebut.


8. Apabila ke 15 polihedronnya sudah selesai, silahkan gantungke pintu kamar anda dan lihat betapa indahnya tempat tidur anda.

Dikutip dari craft.tutplus.com