Membuat Malaikat Kecil dengan Penjepit Kertas

24 Mei 2019 Tutorial Lain-Lain


Pernah mendengar paperclip? Mungkin benda satu ini memang sudah dikenal oleh banyak orang terutama yang bekerja dengan menggunakan berbagai peralatan menulis. Paperclip memang menjadi benda yang biasa saja namun bagaimana jika disulap menjadi karya seni yang unik?

Banyak benda yang mungkin sudah bekas dan jarang orang menggunakan untuk mengurangi jumlah sampah yang akhir-akhir ini terus meningkat seiring dengan bertambahnya kebutuhan hidup membuat perusahaab memproduksi suatu produk dalam jumlah yang besar. Tetapi jika memliki ide yang kreatif, maka ia pun bisa menciptakan sesuatu yang menarik dan bahkan bisa menjadi penghasilan yang cukup besar.

Penasaran dengan cara dan pembuatannya? Yuk segera kita siapkan alat dan bahannya sebelum membuat kerajinan dari Paperclip ini.

Alat dan bahan

· Manik-manik (warna bebas)
· Paperclip berbentuk kupu-kupu
· 1 roll pita dengan warna bebas


Cara pembuatan

1. Ambil manik-manik dan buatlah lubang tepat pada tengah-tengah dengan menggunakan benda yang tajam seperti jarum. Perlu diperhatikan dalam membuat jarum, jangan terlalu lebar. Potong pita sekitar 28 cm untuk memasukan pita kedalam lubang manik-manik.


2. Setelah itu, masukan pita kedalam lubang manik-manik. Agar lebih mudah memasukan pita ke manik-manik, gunakan benda yang memiliki ketebalan yang lebih kecil seperti pada gambar. Ya, dengan paperclip coba anda dorong pita kedalam seperti pada gambar berikut.


3. Pastikan ujung pita sudah masuk dan telah berada diluar seperti pada gambar hingga sejajar antara pita sisi kanan dan kiri. Perlu diperhatikan jangan memasukan semua pitanya. Sisakan pada bagian bawah pita yang nantinya untuk menyimpul pita. Buatlah lubang pada ujung bawah lingkaran untuk memasukan ujung pita yang akan disimpulkan nanti. usahakan agar manik-manik tidak bergerak pada saat proses penyimpulan.


4. Buatlah simpul pada bagian kepala atau tarik ujung pita dan masikan kedalam lubang pita dan tarik saat menghadap pada bagian penjepit kertas kupu-kupu. Untuk cara yang detail bisa dilakukan dengan mengikuti gambar berikut.


5. Buatlah kembali ikatan pada bagian kepala gantungan. Gantungan ini akan meyerupai malaikat yang sedang mengepakan sayapnya. Cara membuatnya tariklah kedua ujung pita melewati lubang pita dan melewati atas dan ikat mati. Cara mengikatnya bisa dilihat pada gambar.

6. Buatlah ikatan / simpul kembali pada bagian ujung pita agar bisa digantung. Dengan demikian jadilah malaikat dari paperclip. Anda dapat membuatnya kembali jika ingin membuat dekorasi rumah dengan cara unik ini.

Dikutip dari Craftjournal.com