Membuat Laba-Laba dengan Botol Bekas

17 Maret 2014 Tutorial Lain-Lain


Memang seru jika kita membuat karya seni dengan bahan seadanya namun menjadi kebanggaan bagi kita terutama yang membuat karya seni tersebut. Barang bekas yang bisa kita buat menjadi karya seni contohnya saja adalah botol plastik bekas air mineral. Barang bekas ini sering kita ditemukan di berbagai tempat seperti di tempat pembuangan, di jalan dan tempat lainnya.

Nah, kali ini kita akan membuat karya seni yang unik serta mudah diikuti oleh siapa saja. Namun yang pasti jika takut dengan binatang yang memiliki kaki 8, sebaiknya anda tidak membuatnya karena kita akan membuat laba-laba dari botol bekas. Ingin tahu cara pembuatannya? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:

· Cat akrilik berwarna hitam
· Tali/benang
· Cutter dan gunting
· Kuas cat
· Jarum jahit berukuran besar
· Koran sebagai tatakan untuk cat

Cara pembuatan:

1. Ambil botol bekas yang sudah dicuci bersih yang masih utuh bentuknya. Kemudian buatlah 2 lubang yakni pada bagian bawah botol dan bagian atas (botol dalam posisi tertutup oleh tutup botol.) dengan menggunakan cutter atau gunting. Lalu siapkan cat akrilik yang berwarna hitam.


2. Setelah itu, ambil spidol dan ukur. Potong botol dengan menggunakan cutter secara horizontal menjadi 2 bagian. Usahakan saat memotong botol menjadi 2 bagian, pada bagian bawah memiliki ukuran yang lebih tinggi daripada bagian atas botol. Untuk jelasnya bisa dilihat di gambar berikut.


3. Jika sudah dipotong, anda dapat mewarnai botol dengan cat yang telah disediakan. Warnai botol pada bagian dalam saja. Caranya secukupnya cat hitam ke dalam botol. Jika sudah goyangkan botol dengan menggunakan tangan atau diaduk hingga seluruh permukaan botol bagian dalam tertutup oleh warna hitam.


4. Atau anda dapat melakukan cara yang berbeda yakni tuangkan cat hitam kedalam botol secukupnya, kemudian siapkan koran yang menjadi tatakan untuk proses perwarnaan ini.setelah itu balikan botol seperti pada gambar berikut hingga seluruh permukaan botol bisa terlapisi oleh cat hitam.


5. Setelah proses perwarnaan, diamkan hingga beberapa lama kemudian hingga cat hitam bisa mengering di dalam botol. Tidak lupa juga untuk memberikan warna pada bagian atas botol yang telah di potong juga diberi warna karena bagian atas juga bisa dibuat. untuk penjelasan pemotongannya bisa disimak pada langkah berikutnya.


6. Setelah semuanya sudah kering, langkah selanjutnya adalah pemotongan. Untuk cara pemotongan bisa dilihat pada gambar berikut. Disini kita memberikan gambar botol yang belum diberi warna agar mudah disimak.


7. Apabila dengan warna, maka pembentukan kaki laba-laba akan terlihat seperti gambar berikut. Agar membuat laba-laba menjadi nyata, lipatlah ujung kaki laba-laba sehingga seperti merayap di dinding.


8. Nah, demikian dengan langkah ke-6, anda dapat memotong kaki-kai dari botol bagian atas. Untuk pemotongannya agak sedikit beda dengan sebelumnya karena ukuran kakinya dibuat menjadi agak besar sehingga terlihat seperti pada gambar berikut ini.


9. Kemudian buatlah kaki yang telah dipotong tadi menjadi mengembang. Untuk cotoh, silahkan anda dapat melihat gambar berikut. Cara yang mudah adalah anda dapat menekan kaki yang telah dibuat hingga membentuk kaki yang mengembang.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari michelemademe.com)