Membuat Kolam Ikan dari Kertas (Belajar Mengenal Jenis Binatang Laut)

4 April 2015 Tutorial Lain-Lain


Sangat penting bagi orangtua untuk mengajarkan kemampuan anak, yang akan mereka perlukan sebagai bekal agar mereka mandiri. Kemampuan motorik, kognitif, dan sosial adalah tiga hal yang harus selalu diasah sejak dini, agar kelak mereka mampu menjalankan perannya sebagai pribadi dan bagian dari komunitas.

Kemampuan motorik berhubungan dengan kemampuan gerak fisik seorang anak, setiap gerakan yang dilakukan di kecil entah itu merangkak, meraih benda, dan sebagainya adalah hasil koordinasi kompleks antara otak dan otot si kecil. Kemampuan kognitif bergubungan kemampuan intelektual si kecil dalam berfikir, belajar hal baru, dan memecahkan masalah, sedangkan kemampuan sosial berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi, berbaur, dan menjadi bagian dari sebuah komunitas.

Skil-skil diatas dapat di asah sejak dini lewat berbagai aktivitas termasuk permainan. Aktivitas untuk melatih skil motorik, kognitif, dan sosial anak usia 2-3 tahun:

1. Bermain bola

2. Membangun menara balok

3. Mainan mencocokan bentuk dan warna

4. Bermain puzzle

5. Bermain gelembung

6. Membuka buku

7. Menggunakan gunting

Berikut ini adalah kegiatan untuk melatih ketiga kemampuan anak seperti tersebut diatas. Bahan dan cara membuatnya juga tidak sulit. Selain itu mereka jadi lebih mengenal beraneka ragam binatang dilaut dan nama-namanya.

Bahan yang diperlukan:

1. Piring dari sterofoam

2. Kertas (warna biru)

3. Karton putih

4. Cat air

5. Kuas

6. Tusuk gigi

7. Solatip

8. Manik-manik berbentuk mata

Cara membuat:

1. Siapkan kertas berwarna biru, lalu gunting menjadi kotak-kotak kecil. Setelah itu tempelkan pada piring sterofoam. (untuk dijadikan kolam ikan atau miniatur laut)


2. Gambar bentuk binatang laut pada kertas karton putih: berbagai macam ikan, kuda laut, bintang laut, cumi-cumi, kerang, dll. Lalu digunting & diberi warna dengan cat air, sesuai dengan kesukaan anak-anak.


3. Tempelkan tusuk gigi pada bagian belakang gambar binatang yang tadi sudah dibuat dari karton dengan solatip.


4. Tusukan semua binatang-binatang tadi diatas miniatur laut, letakan sesuai dengan keinginan mereka.

Setelah itu dapat diminta anak-anak untuk mengulangi mengangkat salah satu binatang laut & menyebutkannya kembali sampai mereka hafal.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber.)