Membuat Kelelawar dari Kantong Kemasan Kertas

20 Mei 2019 Tutorial Lain-Lain


Kemasan yang sering digunakan oleh kebanyakan orang ada 2 jenis yakni dari plastik dan dari kertas. Diantara kedua kemasan tersebut yang paling ramah lingkungan ialah kemasan dari kertas. Di zaman modern ini terutama di negara yang maju sudah banyak yang menggunakan kemasan kertas sebagai tempat untuk membawa barang belanjaan jika kita berkunjung ke pasar swalayan.

Meskipun demikian, ternyata banyak orang juga memilih untuk membuang kemasan ini ketimbang menggunakannya lagi. Jika kita memiliki ide yang kreatif, alat yang sederhana pun bisa kita sulap menjadi karya seni yang menarik. Seperti apa bentuk dari karya seni tersebut? Yuk kita siapkan beberapa alat dan bahannya berikut ini.

Alat dan bahan


· Kertas karton berwarna hitam
· Kantong kertas berwarna hitam
· Mata boneka
· Lem

Cara pembuatan:


1. Pertama-tama, buatlah sayap dari kelelawar ini. Untuk bentuk sayap dari kelelawar ini bisa dilihat dan dicetak di template berikut. Jika sudah mencetak contoh gambar sayap kelelawar. Jika sudah di cetak, gunting kertas sesuai dengan bentuk sayap kelelawar. Buatlah 2 sayap kelelawar untuk langkah ini.


2. Jika sudah, segera ambil karton hitam dan gambarkan dengan sayap kelelawar yang telah dicetak tadi sehingga anda akan mendapatkan sayap kelelawar sesungguhnya.bersihkan bagian pinggir dari sayap kelelawar.


3. Jika sudah, sekarang ambil kantong kertas berwarna hitam yang telah disiapkan. Beri lem pada ke 2 bagian pangkal sayap. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut. Peletakan sayap kelelawar harus dibagian bawah kantong kertas seperti pada gambar berikut.


4. Sekarang balik kertas yang telah diberi sayap menghadap ke anda sendiri. Ambil mata boneka dan tempelkan pada bagian bawah kantong kertas gunakan lem yang agak panas agar lebih merekat kuat. Pasang kedua mata boneka pada kelelawar yang terlihat di gambar.

5. Sekarang, agar lebih indah dan memiliki nuansa unik tambahkan tali sebagai gantungan kelelawar pada nantinya. Lubangi pada bagian atas kantong kertas berwarna hitam pada lubang tersebut, tambahkan tali yang telah disediakan untuk menggantung karya seni yang telah dibuatnya.

Oleh: Josua M
(Disadur dari skiptomylou.org)