Tutorial Lain-Lain
21 Februari 2014

Membuat Karya Seni Masjid yang Menarik

Apakah anda tahu jika tanggal 22 Februari kita akan memperingati hari apa? Ya, pada tanggal 22 Februari, kita akan memperingati hari berdirinya Masjid Istiqlal. Selain menjadi Masjid yang terbesar di Indonesia, Masjid Istiqlal merupakan Masjid terbesar se-Asia Tenggara.

Pada kesempatan kali ini, untuk memperingati hari resmi berdirinya Masjid Istiqlal, kita juga bisa membuat sebuah Masjid yang indah dan menarik dengan karya seni serta kreativitas yang memanfaatkan barang-barang bekas. Bagaimana dengan cara pengerjaannya? Yuk kita lihat cara pembuatannya.

Alat dan bahan:

· Sediakan 1 kotak besar sebagai bangunan Masjid
· 4 tabung dari karton dengan ukuran panjang yang sama. Gunakan dari barang bekas seperti tempat kok bulutangkis atau kemasan makanan yang berbentuk tabung
· Siapkan 5 balon yang telah di bentuk. 4 dengan diameter yang sama dan kecil sedangkan 1 balon dengan ukuran yang besar sebagai Kubah Masjid
· Lem kertas
· Cat warna dan kuas
· Kertas karton

Cara pembuatan:

1. Jika sudah menyiapkan alat dan bahannya, susun seperti pada gambar berikut. Pada bagian tengah diisi oleh kotak besar sebagai bangunan Masjid yang dikelilingi oleh 4 Pilar berbentuk tabung. Lalu pada tiap 4 mulut tabung letakan balon dengan ukuran yang sama seperti kubah pada pilar.

2. Sekarang waktunya untuk penyatuan. Gunakan kertas koran yang sudah tidak digunakan lagi. Gunakan lem untuk merekatkan kertas koran pada masing-masing bagian dari bangunan Masjid seperti pilar Masjid, kubah Masjid, sampai pada bagian tengah dari Masjid tersebut.

3. Maka akan terlihat seperti pada gambar berikut. Jika sudah, diamkan selama beberapa saat hingga lem merekat kuat di masing-masing bagian pada bangunan Masjid. Tambahkan lem untuk merekatkan kertas pada bagian-bagian yang memiliki sudut atau perbatasan seperti pilar dengan balon, bangunan tengah dengan kubah Masjid. Waktu yang dibutuhkan terbilang agak lama.

4. Jika semua telah kering dan merekat dengan sempurna, sekarang waktunya untuk tahap pengecatan bangunan Masjid. Untuk warna bisa disesuaikan dengan cat yang telah disediakan sebelummnya. Disini kita menggunakan warna hijau dan kuning. Untuk awal, warnai pada bagian yang paling besar yakni bagian tengah dari Masjid

5. Setelah itu, warnai Kubah dengan menggunakan warna terang seperti warna kuning. Cat hingga merata hingga gambar koran tertutup oleh warna cat yang diberikan. Kemudian lakukan juga pada kubah kecil yang terdapat di 4 pilarnya dan tidak lupa juga untuk memberikan warna hijau pada pilarnya.

6. Jika sudah mewarnainya, maka hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut. Supaya bangunan Masjid lebih terkesan Nyata, ambil kertas karton dan buatlah menyerupai pintu Masjid dan beri warna kuning serta tidak lupa pada jendelanya.

7. Lalu tahap terakhir pasangkan pintu beserta jendela Masjid dengan menggunakan lem kertas. Usahakan tidak memberikan lem terlalu banyak karena dapat membuat kertas bergelombang. Lalu jika sudah diamkan selama beberapa saat hingga lem mengering beserta catnya.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari karimascrafts.com)

Tutorial Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Artikel dan Berita Promo Tahukah Kamu? Hiburan Lowongan Iklan Baris