Membuat Kartu Ucapan Valentine dengan Pop-Up

13 Februari 2014 Tutorial Lain-Lain


Valentine telah tiba, hayo, apa yang Anda ingin berikan kepada orang yang disayangi? Cokelatkah atau hadiah lainnya? Nah, Anda dapat memberikan sesuatu yang indah bahkan dapat dikenang oleh orang yang disayangi. Biasanya jika memberikan hadiah, pasti ada ucapan pada secarik kertas untuk mengucapkan hari Valentine.

Ya, itu adalah kartu ucapan. Seringkali ketika memberikan hadiah biasanya seseorang akan memberikan beberapa kata untuk mengucapkannya. Kali ini kita akan membuat kartu ucapan Valentine yakni dengan menggunakan pop-up. Masih penasaran dengan kartu ucapan pop-up? Yuk kita simak bersama cara pembuatannya.

Alat dan bahan:


· Kertas karton berwarna merah
· Kertas karton putih ukuran A4
· Alat tulis dengan tinta berwarna maerah
· Pensil
· Gunting
· Lem
· Penggaris

Cara pembuatan:


1. Lipat kertas A4 menjadi dua bagian pada bagian panjang kertas dan potong menjadi 2 dengan menggunakan gunting. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut ini.


2. Lipat kertas yang telah dibagi dua menjadi sebuah kartu ucapan. Lipat kertas secara rapih agar kertas terlihat bersih ketika akan digunakan sebagai dasar pembuatan kartu ucapan Valentine pop-up.


3. Kemudian buatlah 2 garis di tiap lipatan kertas pada bagian tengah. Gunakan penggaris untuk memberi garis pada sisi tengah lipatan kertas. Untuk ukuran garis tengah diberi 2 cm.


4. Kemudian gunting kedua garis tersebut. Pada saat menggunting usahkan untuk pas saat pemotongan. Pemotongan harus sama panjang. Lalu setelah itu, buatlah lipatan kecil pada garis tengah yang sudah dipotong tersebut menghadap ke atas seperti pada gambar berikut.


5. Bukalah lipatan kertas yang telah dilipat keatas. Anda akan melihat kertas dengan lubang pada sisi tengahnya. Nantinya pada bagian tengahnya akan diberikan hiasan seperti bentuk hati. Hasil bisa dilihat pada gambar berikut.


6. Anda dapat menggunakan paper punch atau dapat menggunakan cara manual yakni dengan mengambar hati pada lipatan kertas dan memotongnya. Untuk ukuran dapat disesuaikan dengan penggunaan pada bagian tengah nantinya. Untuk jumlah hati bisa ditentukan oleh keinginannya.


7. Setelah membuat hati, kemudian rekatkan bentuk hati ke bagian tengah kertas dengan menggunakan lem kertas. Perlu diperhatikan pada penggunaan lem jangan terlalu banyak agar tidak membuat kertas menguap dan bergelombang. Hasilnya bisa dilihat seperti gambar berikut.


8. Jika telah di rekatkan dengan lem, diamkan selama beberapa menit hingga lem kuat merekat kertasnya. Jika sudah kering, maka anda dapat mencoba pop-up kuat atau tidaknya dengan cara membuka dan menutup kertas hingga gambar hati kuat di tengah-tengah kartu.


9. Buatlah bentuk hati. Kali ini buat agak besar dengan kertas karton berwarna merah. Jika sudah, rekatkan dengan menggunakan lem pada depan kartu ucapan yang telah dibuat dan tidak lupa juga untuk memberikan ucapan selamat hari Valentine.


10. Nah, untuk langkah terakhir anda dapat menuliskan kata-kata yang ingin diucapkan dalam hari kasih sayang ini pada bagian dalam kartu. Jangan lupa untuk memberikan nama pengirim kartu ini.

Silahkan Mencoba!

Oleh: Albert S
(Disadur dari childparenting.about.com)