Membuat Kalender Push Pin

7 Juli 2015 Tutorial Lain-Lain


Setiap orang pasti pernah mengalami kelupaan pada suatu hal baik yang sudah direncanakan maupun yang telah lama diperbuat. Sama halnya ketika kita mengatur jadwal untuk ke depan nantinya. Untuk mengatur jadwal, biasanya kita menggunakan pengingat seperti halnya dengan menggunakan ponsel pintar, membuat catatan di dinding dan masih banyak lagi.


Nah, untuk pengingat jadwal kita bisa menggunakan kertas kecil yang bisa ditempelkan di dinding. Dengan menggunakan push pin, kita dapat menempelkan kertas yang telah dituliskan ke dinding. Tidak hanya itu, dengan cara ini kita dapat membuat pengingat jadwal untuk hari yang akan datang nantinya. Untuk membuat papan jadwal, kita akan menggunakan beberapa alat dan bahan seperti:

· Papan Corkboard (terbuat dari kayu olahan yang bersifat lentur)
· Jarum push pin
· Gunting
· Kertas karton dengan warna bebas
· Spidol atau pulpen

Cara pembuatan:


1. Pertama buat terlebih dahulu beberapa lembar kertas untuk ditempelkan di papan Corkboard. Caranya dengan memotong kertas karton yang telah disediakan dengan mengunakan gunting. Potong kertas karton sesuai dengan jumlah hari dalam 1 bulan misalnya pada bulan September ada 30 hari. untuk warna bisa disesuaikan dengan keinginan. Setelah semua dipotong menjadi 30 lembar, Anda dapat menambahkan pada bagian atas dengan nama Bulan seperti Bulan September. Gunakan Spidol untuk menebalkan tulisan Bulan.


2. Setelah itu, tempelkan semua kertas yang telah dibuat ke papan Corkboard. Urutkan semua kertas pada bagian-bagian tanggal pada kalender Anda. Mulai dari tanggal 1, 2 ,3 dan seterusnya mengikuti susunan tanggal pada kalender. Jika sudah disusun, berikan tanggal pada kanan bawah sebagai pengingat kapan Anda akan membuat rencana atau janji. Agar tidak lupa, Anda dapat menambahkan nama hari seperti Senin, Selasa, Rabu dan seterusnya pada bagian paling atas karton yang telah diberi kalender. Jadilah kalender push pin.

Oleh: Albert S.
Dikutip dari sayyes.com
Tags