Membuat Hiasan Gantung Bulan Sabit dari Kardus Bekas

6 Desember 2016 Tutorial Lain-Lain


Kardus bekas merupakan salah satu jenis barang bekas yang banyak ditemui di sekililing kita. Namun biasanya kita jarang menggunakan kardus bekas untuk fungsi yang lainnya selain sebagai tempat beraneka ragam barang. Padahal sebenarnya masih ada banyak lagi manfaat lainnya, misalnya digunakan untuk membuat hiasan gantung yang cantik dan unik.

Alat dan bahan yang di gunakan:
*. Kardus bekas
*. Kertas krep
*. Gunting
*. Lem kertas
*. Benang senar
*. Kertas lipat
*. Pelubang kertas
*. Selotip

Berikut langkah-langkah pembuatannya:
1. Sebelum memulai membuat hiasan gantung bulan sabit, terlebih dahulu siapkan semua alat dan bahan yang akan dipakai. Untuk kardus bekas dan kertas warna, Anda bisa menggunakan jenis apapun dengan ketebalan sesuai selera.


2. Mulai dengan membuat bulan sabitnya terlebih dahulu. Pertama buatlah potongan bulan sabit dari kardus bekas, sebanyak 2 lembar. Kemudian buat juga potongan berbentuk persegi panjang dengan ukuran sesuai dengan ukuran panjang sisi bulan. Berikutnya satukan kedua potongan bulan sabit dengan diberi potongan kardus berbentuk persegi panjang di sisinya. Lalu satukan semua sisinya, dan rekatkan dengan bantuan selotip hingga benar-benar rapat dan rapi.


3. Setelah itu siapkan hiasan tempelnya dari kertas krep. Ambil gulungan (kertas krep yang dilipat-lipat), lalu potong-potong membentuk rumbai seperti pada gambar di bawah. Potong kertas krep secukupnya.


4. Bukalah gulungan kertas krep tersebut. Kemudian tempelkan pada bulan sabitnya dengan menggunakan lem kertas. tempelkan kertas krep secara berputar mengelilingi seluruh permukaan bulan sabit, dimulai dari ujung bagian atas.


5. Setelah seluruh permukaan bulannya tertutup dengan hiasan kertas krep, selanjutnya menambahkan hiasan berbentuk bintang. Potonglah kertas warna atau kertas lipat membentuk bintang 2 sisi. Lalu ambil seutas tali atau benang pendek, dan rekatkan pada bagian tengah bintang dengan posisi membentang dari atas ke bawah. Tempelkan 2 sisi potongan bintangnya, lalu ikatkan pada ujung atas dan bawah bulan sabit. untuk membuat bulan sabit ini terlihat lebih menarik, tambahkan pula hiasan kertas berbentuk lingkaran-lingkaran kecil pada bagian bawah bulan. Tempelkan potongan-potongan lingkaran kecil dari kertas pada seutas tali atau benang. Lalu ikatkan benangnya menggantung di bagian bawah bulan sabit.


Hiasan gantung berbentuk bulan sabit sudah jadi. Sekarang tinggal menambahkan tali pada bagian atasnya dan menggantungnya di langit-langit plafon, sebagai dekorasi pada ruang keluarga atau kamar tidur.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)