Membuat Hiasan Berupa Rak Bingkai Foto yang Unik

24 November 2017 Tutorial Lain-Lain


Berbagai macam jenis hiasan dapat dibuat dengan aneka bahan bekas sebagai bahan utamanya, khususnya hiasan dinding yang bentuknya unik dan lucu. Ada banyak sekali macam-macam hiasan dinding yang keren dan unik yang biasa kita jumpai di rumah-rumah. Nah salah satu kerajinan tangan dari barang bekas yang akan kita buat adalah sebuah hiasan dinding yang terbuat dari bahan bekas pigura dan kayu bekas.

Alat dan bahan yang diperlukan:
*. Bingkai foto bekas (pigura foto)
*. Papan kayu bekas
*. Paku kecil
*. Lem kayu
*. Wood filler (atau plamir kayu)
*. Palu
*. Cat kayu (atau cat semprot)

Berikut cara membuatnya:
1. Untuk pigura atau bingkai fotonya bisa menggunakan pigura bekas pakai, tapi bisa juga pigura yang baru. Begitu dengan papan kayunya bisa menggunakan papan kayu bekas, atau bisa juga papan kayu yang masih baru.


2. Potong semua papan kayu dengan ukuran sesuai ukuran bingkai foto yang dipakai. Selanjutnya rangkai potongan papan kayu membentuk kotak. Untuk menempelkannya Anda bisa menggunakan paku dan palu. Pakulah masing-masing sudut dengan 3 buah paku agar lebih kuat.


3. Siapkan bingkai foto bekasnya. Lalu olesi bagian belakang bingkai foto dengan lem kayu.


4. Selanjutnya tempelkan bingkai foto yang telah diolesi dengan lem kayu bagian belakangnya, pada permukaan kotak kayu. Tempelkan dengan serapi mungkin. Lalu tunggu sebentar agar lem benar-benar kering dan bingkai foto merekat sempura.


5. Dan jika Anda ingin hasil yang jauh lebih kuat, Anda bisa memaku bingkai foto dengan kotak kayunya. Gunakan beberapa buah paku agar semakin kuat. Selanjutnya gunakan plamir kayu untuk menutupi semua bekas lubang paku maupun sudut-sudut kotak kayu yang masih sedikit terbuka atau berlubang. Oleskan tipis-tipis sampai permukaan dan bekas-bekas lubangnya tertutup rapi dan halus. Dan berikutnya adalah proses pengecatan. Catlah seluruh permukaan dengan cat berwarna putih, atau warna apapun yang Anda sukai. Setelah itu biarkan cat kering sempurna.


6. Tempelkan rak serbaguna ini di dinding. Anda bisa menempelkannya di dinding dengan menggunakan paku. Atau jika ingin lebih praktis Anda bisa menggunakan "permanent mounting tape foam" yaitu semacam selotip bolak-balik khusus untuk menempelkan benda-benda seperti pigura ini, tanpa harus melubangi dinding dengan paku.


7. Semua bingkai ini ditempel di dinding, Anda bisa meletakkan aneka jenis benda di dalamnya. Jadi rak unik ini bisa berfungsi sebagai wadah serbaguna, maupun sebagai hiasan dinding dengan meletakkan benda-benda unik di dalamnya.


8. Nah, rak serbaguna dari bingkai foto unik ini sudah jadi.


Selamat mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)