Membuat Gantungan Kunci yang Unik dari Paracord

11 Agustus 2017 Tutorial Lain-Lain


Paracord berasal dari istilah Parachute Cord yang awalnya merupakan tali parasut. Tali ini memiliki beberapa kelebihan yaitu sangat kuat, elastis dan juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Tali paracord ini juga dapat dijadikan sebuah gelang. Tidak hanya itu, tali paracord ini juga dapat dijadikan sebagai gantungan kunci yang unik. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan yang dibutuhkan:
*. Tali paracord
*. Ring gantungan kunci
*. Gunting

Berikut langkah-langkah pembuatannya:
1. Pasang paracord ke ring gantungan kunci. Perhatikan paracord berakhir dalam arah yang berlawanan. Anda bisa membuat lingkaran dengan ukuran besar atau kecil, sesuai keinginan.


2. Kemudian ambil satu paracord lain, kemudian lipatkan pada bagian tengah dari simpul pada ring tadi.


3. Setelah paracord terpasang pada ring gantungan kunci, kemudian tarik salah satu ujung paracord menyebrangi dari atas (secara horizontal).


4. Sekarang tarik salah satu ujung paracord menyebrangi dari bawah (secara horizontal), kemudian masukan ke lubang yang terbentuk oleh paracord pertama tadi, lalu tarik ke atas. Kemudian kencangkan simpul.


5. Ulangi kembali membuat simpul paracord, letakkan paracord pertama menyebrangi tali, kemudian ambil paracord kedua dan letakkan melewati bagian atas dari paracord pertama yang telah berada di belakang dan melewati lubang yang terbentuk sebelumnya. Kencangkan simpul.


6. Setelah berhasil membuat satu simpul paracord, ulangi lagi pembuatan simpul terus menerus hingga tali tertutupi oleh simpul paracord tersebut. Dan pastikan mengikatnya dengan kencang.


7. Jika semua tali lingkaran telah tertutupi oleh simpul paracord, potong sisa simpul kemudian rekatkan ujungnya dengan menggunakan lem agar simpul tidak lepas.


Dan jadilah gantungan kunci paracord buatan Anda. Mudahkan?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)