Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel Berbentuk Roti

14 Desember 2016 Tutorial Lain-Lain


Selain bros, gelang, kalung dan anting, gantungan kunci merupakan salah satu asesoris yang cukup digemari oleh para wanita. Tapi sebenarnya sekarang ini tidak hanya para wanita yang suka memakai gantungan kunci sebagai assesoris. Melainkan penggemarnya sudah meliputi berbagai kalangan baik wanita maupun pria, dari mulai anak kecil sampai dengan orang dewasa, dan bahkan orang tua. Gantungan kunci memang punya fungsi utama sebagai gantungan pada berbagai kunci agar lebih mudah dikenali dan tidak gampang hilang. Namun gantungan kunci juga bisa berfungsi sebagai assesoris pelengkap atau assesoris tambahan untuk memperindah tampilan barang, seperti misalnya tas, kunci kendaraan, dan lain sebagainya. Dan berikut cara membuat gantungan kunci dari kain flanel yang berbentuk roti tawar.

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
*. Beberapa jenis kain flanel (beberapa warna)
*. Kertas
*. Pensil
*. Benang jahit
*. Gunting
*. Rantai gantungan kunci


Berikut cara pembuatannya:
1. Pertama buat dahulu polanya pada selembar kertas. Kemudian contek pola tersebut pada lembaran kain flanel. Untuk contoh kali ini kita akan menggunakan kain flanel 2 warna yaitu putih dan cokelat. Buatlah pola roti dengan ukuran kecil pada lembaran kain flanel warna putih sebanyak 2 buah. Dan buat pula 2 buah pola yang sama pada kain flanel yang berwarna cokelat, namun dengan ukuran roti yang sedikit lebih besar.


2. Kemudian potonglah pola pada flanel tersebut.


3. Buat mata dan mulut pada salah satu potongan flanel yang berwarna putih. Gunakan jarum dan benang berwarna hitam agar terlihat jelas.


4. Tempelkan satu lembar potongan pola warna putih yang telah diberi mata dan mulut dengan satu lembar pola berwarna cokelat. Satukan dan jahit tepinya. Lalu lakukan hal yang sama pada 2 potong pola yang lainnya. Selanjutnya buat pula selembar potongan kain flanel berwarna cokelat dengan lebar kurang lebuh 1 cm, dan panjangnya menyesuaikan dengan ukuran pola roti.


5. Ambil satu lembar roti yang sebelumnya telah disatukan. Jahit tepinya dengan menggunakan lembaran flanel panjang pada sisinya.


7. Setelah semua sisi roti tertutup lembaran panjang flanel cokelat, potong ujung sisa flanel panjang tersebut lalu satukan kedua ujungnya dan jahit.


8. Kemudian ambil satu bagian sisi roti lainnya, dan tempelkan dengan bagian yang lainnya.


9. Satukan kedua bagian roti dan jahit seluruh sisinya dengan rapi.


10. Jangan lupa tambahkan rantai gantungan kuncinya, dan jahit. Untuk gantungannya bisa menggunakan jenis gantungan yang berbeda. Bisa berbentuk rantai kecil seperti pada gambar, bisa juga yang berbentuk kolom besi.


Gantungan kunci berbentuk roti yang unik dari kain flanel sudah jadi. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)