Membuat Gantungan dari Kotak Kertas Tisu

5 Februari 2018 Tutorial Lain-Lain


Membuat karya seni dari barang-barang bekas memang memiliki nilai tersendiri bagi yang membuatnya. Selain unik juga dapat mengurangi sampah dan limbah yang semakin lama semakin banyak. Kita sering melihat kemasan tisu dari karton. Tidak sedikit orang yang lebih memilih meletakan kemasan karton tisu di tempat sampah dibandingkan menggunakannya kembali.

Kali ini kita akan membuat hiasan yang menarik dari barang-barang bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Bagaimana tahap-tahap pembuatannya? Yuk langsung saja kita bisa lihat apa saja yang harus disiapkan.

Alat dan bahan
· Kemasan kertas tisu box yang sudah tidak digunakan lagi
· Gunting
· Cutter
· Lem putih
· Jepitan pakaian (untuk menjepit karya)
· Tali
· Manik-manik berbentuk bulat

Cara pembuatan:


1. Siapkan kemasan kertas tisu box-nya. Kemudian tidak lupa juga untuk menyiapkan gunting serta alat tulis seperti pensil atau bolpen untuk menandai karya yang akan dipotong. Kemasan tisu lebih baik berbahan agak tebal agar karya akan bertahan lebih lama ketika digantung nanti.


2. Kemudian buatlah pola karya seperti pada gambar berikut. Gambar tersebut ialah rumah dengan gambar hati di tengahnya. Untuk tinggi bisa ditentuka sendiri namun harus sama agar tidak terjadi perbedaan ketika akan di lem nantinya.


3. Buatlah sekitar 12 rumah dengan gambar hati ditengah. Usahakan agar semua bentuknya dan ukurannya antara satu dengan lainnya.jika semua telah dibuat sesuai dengan ukurannya, lipat menjadi 2 ke 12 potongan rumah tersebut. Untuk caranya, bisa dilihat di gambar berikut.


4. Jika sudah lipat, berilah lem pada salah satu bagian pada rumah hati tersebut. Beri lem pada sisi kiri rumah yang dilipat menjadi 2. Beri lem secukupnya agar kertas tidak meleset ketika akan ditempelkan dengan bagian lainnya.


5. Setelah itu, gabungkan tiap rumah hati tersebut. Tidak perlu sekaligus untuk menggabungkan rumah hatinya.mulailah satu-persatu. Misalkan 2 rumah hati sudah ditempelkan lalu diamkan beberapa detik hingga lemnya merekat kuat lalu bisa dilanjutkan kembali. Oleskan lem pada sisi kiri dari tiap rumah hatinya.


6. Agar lem dapat mereka lebih kuat bisa juga di jepit dengan jepitan pakaian sehingga kartyanya akan terlihat rapi ketika digantung nanti atau bisa juga diberi penjepit setelah lem kering untuk mempertegas lipatan rumah hati. jepit rumah hati hingga lipatan benar-benar simetris dengan lainnya.


7. Nah, jika semua rumah hati sudah direkatkan maka hasilnya bisa dilihat seperti gambar berikut. Ambilah tali kecil dan manik-manik yang tengahnya berlubang. Tali ini sebagai alat penggantung rumah hatinya sedangkan manik-manik akan berguna untuk tempat tali dalam menggantungkan rumah hatinya. Masukan tali ke tengah-tengah puncak rumah hati.lalu sambungkan dengan manik-manik dan ikat keatas lagi.


8. Rumah hati sudah bisa digunakan untuk hiasan pintu seperti pintu kamar dan gantungan kunci. Perlu diingat gantungan ini usahkan agar tidak kena air agar bahan dari rumah hati ini tidak rusak.

(Dikutip dari michelemademe.com)