Membuat Dekorasi Rumah dengan Lampu Segilima

3 Maret 2014 Tutorial Lain-Lain


Seni membuat hidup menjadi berwarna. Memang seperti itulah jika pepatah tersebut disandingkan dengan kehidupan sehari-hari. Seperti contoh saja pada tempat tinggal yang kita tempati saat ini. Pembuatan tempat tinggal selain harus mempunyai keamanan yang tinggi juga harus memiliki dekorasi rumah yang indah dan menarik agar membuat pemilik rumah merasa betah di rumahnya sendiri.

Berbicara dalam hal dekorasi rumah, pastinya orang ingin rumahnya terlihat menarik ketika orang lain berkunjung. Tak selalu dalam mendekorasi rumah harus dengan biaya yang mahal untuk membuat rumah karena bahan sederhana saja kita bisa membuat karya seni yang tidak kalah menariknya dengan yang mahal. Ingin tahu caranya? Yuk kita siapkan beberapa alat dan bahannya berikut ini.

Alat dan bahan

· Kertas karton dengan ukuran besar (disini berwarna orange)
· Kuas
· Cat warna (warna sesuai dengan keinginan)
· Guntung atau pisau X-acto
· Paperclip (penjepit kertas)
· Alas

Cara pembuatan:


1. Pertama-tama ambil kertas karton yang telah ditentukan (pada contoh berwarna jingga). Setelah itu, warnai kertas karton yang berukuran 27, 5 x 35 cm dengan menggunakan cat warna yang telah disediakan. Pada contoh adalah warna orange dan kuning serta sedikit campuran berwarna merah. Untuk mendapatkan warna yang bagus, gunakan cara gradasi seperti pada gambar berikut. Untuk waktu kering akan membutuhkan waktu sekitar sehari agar kering secara maksimal.


2. Jika sudah kering, buatlah bentuk segilima seperti pada gambar sebanyak 10 buah. Gambar terlebih dahulu pada bagian belakang karton segilima agar lebih memudahkan dalam proses pemotongan. Saatnya memulai dengan proses pemotongan segilima. Potonglah dengan menggunakan gunting atau pisau X-acto yang telah disediakan.


3. Lakukan langkah sebelumnya pada ke 10 segilima yang akan dibuat nanti. Nantinya bagian depan tepatnya bagian yang berwarna akan dijadikan sebagai penghias pada karya seni yang dibuat nanti. Usahakan potongan harus siku dan memiliki ukuran yang sama dengan lainnya.


4. Jika sudah membentuk segilima dengan jumlah yang ditentukan, sekarang anda beralih pada bagian belakang segilima. Perhatikan pada gambar berikut. Buatlah bentuk bintang dengan menggunakan alat tulis berwarna cerah conothnya kuning. Jangan menggunakan alat tulis berwarna gelap seperti warna hitam karena akat terlihat tanda bintangnya ketika diberi cahaya nantinya.


5. Nah, sekarang hasil pada langkah 4 bisa dilihat pada gambar berikut. Jika sudah, sekarang lipat sisi siku pada bagian bawah dari sisi segilima kemudian lakukan hal yang sama pada semua sisi siku segilima.


6. Dengan mengikuti langkah ke 5, maka segilima yang telah dibuat akan seperti pada gambar berikut. Ikuti langkah yang sama pada sisa segilima yang telah dibuat. kemudian tidak lupa juga untuk melipat bagian siku dari setiap sisinya.


7. Sekarang hadapkan 2 segilima yang telah dilipat sikunya, kemudian lem untuk menyatukan kedua sisi segilima yang terlihat seperti pada gambar berikut. Agar lebih kuat perekatannya, jepit kedia sisi segilima dengan menggunakan paperclip atau penjepit kertas. Dengan memberikan penjepit kertas, segilima yang dilem tidak mudah goyang dan tetap pada posisi yang tepat.


8. Jika sudah, sekarang tambahkan lagi 3 segilima sehingga dihadapan anda sekarang terlihat ada 5 segilima yang sedang bergandengan. Tidak lupa juga untuk merekatkan dengan menggunakan lem sebelum diberikan paperclip. Tunggu beberapa menit hingga semua lem merekat pada masing- masing sisi segilima


9. Jika sudah, kini saatnya untuk penyatuan semua segilima yang telah di lem. Pertama-tama pada bagian ujung kiri dan kanan pada deretan segilima ntersebut diberi lem pada ujung masing-masing sisi. Apabila telah di lem, maka segilima tersebut akan terlihat seperti pada gambar berikut.


10. Nah, itu tadi kita telah membuat bagian bawah. Sekarang lakukan langkah yang sama untuk membuat bagian atasnya. Lakukan dengan membuat bagian atas dengan sisa dari segilima yang telah dibuat yakni 5 buah segilima yang tersesa untuk dibuat bagian atasnya.


11. Berilah penjepit kertas agar tidak terlepas dari bagiannya karena mengingat lapisan atas lebih mudah goyah daripada lapisan bawah dari segilima ini. Tidak lupa juga untuk memberikan lem pada setiap sisi segilima yang telah dibuat hingga seperti pada gambar berikut.


12. Nah, supaya karya seni yang telah dibuat menjadi indah, tambahkan lilin yang sudah disiapkan didalam gelas untuk diletakan di dalam segelima yang telah dibuat. maka hasilnya akan seperti pada gambar berikut.

Oleh: Albert S
(Disadur dari happinessishomemade.net)