Membuat Celengan dari Kemasan Plastik Bekas

24 Januari 2014 Tutorial Lain-Lain


Ada peribahasa menabung pangkal kaya. Mungkin tidak sedikit orang menyimpan uang receh atau lebih dikenal dengan uang logam. Pada zaman sekarang orang lebih menyukai uang kertas daripada uang logam. Selain nominalnya yang lebih besar daripada uang logam, uang kertas juga praktis untuk dibawa.


Uang logam juga akan menjadi tinggi nilainya apabila kita mengumpulkannya dengan cara menabung. Jika kita seringkali pulang setelah beraktivitas dan memiliki uang kembalian, tidak ada salahnya jika kita tabung ke celengan. Menabung juga harus diperkenalkan pada anak-anak agar mereka dapat mengelola uang mereka untuk masa depannya.

Kali ini, kita akan membuat celengan dari bahan yang sederhana yakni dari kemasan plastik seperti halnya kemasan selai ,kemasan botol minum dan kemasan plastik lainnya.

Alat dan bahan

· Kemasan bekas selai, minuman
· Cat pewarna
· Lem tembak
· 4 buah tutup botol minuman
· Mata boneka
· Kawat bunga
· Busa kertas

Cara pembuatannya bisa dilihat pada langkah-langkah berikut ini.

1. Bersihkan sisa-sisa makanan atau minuman dari kemasan bekas serta untuk ukuran diameter pada kemasan harus sama dan juga sediakan 4 tutup botol air mineral yang memiliki ukuran dan diameter yang sama.


2. Agar memperindah celengan, lapisi badan kemasan dengan menggunakan cat pewarna. Disini digunakan warna merah namun anda dapat memberikan warna sesuai dengan keinginannya. Lalu tidak lupa juga untuk memberikan warna pada keempat tutup botol dengan warna yang sama lalu diamkan beberapa menit hingga catnya kering.


3. Disini kita akan membuat celengan berbentuk hewan babi. Jika sudah kering, buatlah 2 lubang kecil yang akan dijadikan hidung atau bisa juga tandai dengan membubuhkan 2 titik pada bagian tutup selai dan tidak lupa juga tambahkan mata boneka pada sisi samping tutup selai.


4. Buatlah bentuk 2 segitiga yang nantinya dijadikan sebagai telinga pada celengan babi lalu lem mata boneka dan kedua segitiga dengan menggunakan lem tembak. Perhatikan untuk lem jangan terlalu panas karena dapat melelehkan plastik botol. Apabila lem terlalu panas, maka diamkan sekitar beberapa detik lalu gunakan.


5. Jika bagian depan pada celengan babi telah dihias, anda dapat menambahkan bagian ekor pada celengan babi dengan menggunakan kawat bunga yang telah dibentuk spiral seperti pada gambar. Lalu tempelkan ekor ke bagian belakang badan celengan babi dengan lem tembak.


6. Kemudian tambahkan kaki pada celengan babi yang telah dibuat dengan menggunakan lem tembak. Untuk posisi kakinya bisa dilihat di seperti pada gambar berikut.


7. Apabila semua sudah dilakukan sekarang tinggal lubangi pada bagian punggung celengan babi untuk memasukan uang logamnya. Dengan demikian, celengan babi telah selesai dibuat dan bisa digunakan untuk menabung.

Dengan memanfaatkan kemasan botol yang tidak lagi digunakan, kita dapat membantu bumi untuk mengurangi limbah.

(Dikutip dari ohmyhandmade.com)