Membuat Celengan dari Karton Bekas Berhias Pasir

28 Juli 2015 Tutorial Lain-Lain


Sekarang sudah tidak zamannya lagi nabung di bambu atau di celengan ayam dan sebagainya. Tapi tidak ada salahnya berkreasi bukan? Tidak usah takut untuk di bilang kuno, ataupun ketinggalan zaman, teruslah berkreasi selama itu positif. Tabung celengan unikdan cantikini bisa difungsikan sebagaimana mestinya yaitu untuk menyimpan uang atau bisa juga Anda berikan pada putra-putri Anda untuk mengajarkannya belajar menabung, atau bisa juga sebagai hiasan kamar pengisi sudut meja. Seperti biasa, langkah awal yang mesti dipersiapkan adalah alat dan bahan yang akan digunakan.

*. Kertas karton
*. Kardus
*. Lem putih
*. Cutter dan gunting
*. Pasir
*. Pewarna tekstil
*. Nampan
*. Ayak(penyaring)


Langkah dan cara membuat tabung celengan

  1. Bentuk dulu permukaan celengan. Caranya, potong kardus berukuran panjang 25 cm, lebar 14 cm. Perhatikan struktur kardus, usahakan potongan sesuai garis-garis pada kardus. Sehingga ketika di gulung, akan memudahkan dalam mengerjakannya.
  2. Gulung kardus yang telah di potong tadi menjadi bentuk tabung tanpa tutup.
  3. Rekatkan ujung gulungan dengan lem putih agar tidak mudah lepas. Sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya, pastikan bahwa lem yang di tempel tadi benar-benar kuat. Sehingga nanti tidak mengganggu proses selanjutnya.
  4. Setelah kering, potong pola lingkaran sesuai diameter pada tabung yang telah di buat tadi, berjumlah dua buah untuk atas dan bawah.
  5. Satu buah pola lingkaran, tempelkan pada bagian bawah tabung, pastikan benar-benar merekat kuat.
  6. Pada pola lingkaran satunya, gambar persegi panjang dengan ukuran 3,5 cm x 0,5 cm. Kemudian dengan menggunakan cutter, potong pola persegi panjang tadi sehingga membentuk lubang, yang nantinya akan digunakan sebagai tempat memasukkan uang.
  7. Potong kardus lagi dengan ukuran panjang sesuai pola lingkaran yang telah di gambar pola persegi tadi, sedang lebarnya 2cm sebanyak 3 buah. Anda sayat pada lapisan kardusnya, sehingga mendapatkan bentuk kertas gelombang. Potong juga kertas karton dengan panjang sama, namun lebarnya dua kali lipat, yakni 4 cm.
  8. Tempelkan kardus yang tidak berbentuk kertas gelombang tadi, mengelilingi pola lingkaran. Di susul kardus yang berbentuk kertas gelombang tadi. Setelah tertempel sempurna, tempelkan kertas karton di permukaan dalam kardus. Maka akan mendapatkan bentuk tutup dari tabung yang tadi kita buat. Sedangkan kardus yang berbentuk kertas gelombang yang satunya lagi ditempel di permukaan kardus bagian paling bawah.
  9. Coba tes antara tabung dan tutupnya sudah sesuai atau tidak. Pastikan keduanya pas, tidak longgar dan tidak sempit.
  10. Selanjutnya siapkan nampan sebagai wadah. Tuangkan pasir sesuai kebutuhan, tidak usah terlalu banyak. Bagi saja menjadi berbagai macam warna. Usahakan satu wadah nampan satu warna, sehingga warnanya tidak tercampur.
  11. Tuangkan pewarna tekstil, aduk hingga merata. Tunggu beberapa saat sampai agak kering.
  12. Olesi permukaan tabung dengan lem putih, lalu taburkan pasir warna sesuai dengan warna yang dikehendaki. Setelah seluruh permukaan tertutup oleh pasir, tunggu beberapa saat sampai mengering. Lalu oleskan kembali lem putih pada permukaan tabung berpasir tadi, dan taburkan kembali pasir lalu tunggu sampai mengering juga.
  13. Untuk kertas gelombang yang ada pada permukaan bawah tabung dan bagian tutup, usahakan kombinasikan atau taburi dengan warna berbeda dari permukaan tabung agak kelihatan cantik.


Terakhir mulailah menghias dengan adonan pasir. Caranya, lubangi bagian ujung jangan terlalu lebar. Anda bisa menuliskan nama, atau hiasan lainnya pada permukaan tabungan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)