Membuat Bunga dari Gulungan Bekas Tisu

1 Maret 2014 Tutorial Lain-Lain


Terkadang ketika kita memiliki bunga, pasti dibenak orang adalah ingin memetik dari taman bunga dan disimpan di rumah. Meskipun indah namun jika kita memetik bunga sama saja dengan merusak kehidupan tumbuhan, terutama bunga. Ada cara untuk memiliki bunga tanpa harus merusak kehidupan tumbuhan yaitu dengan kreativitas.

Kreativitas yang dimaksud adalah memanfaatkan barang-barang yang tidak digunakan lagi seperti gulungan bekas tisu toilet dan kemasan bekas telur. Nah, bagaimanakah cara pembuatan serta hasil yang akan tercipta? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti berikut.

Alat & Bahan

· 4 buah gulungan bekas tisu toilet
· 1 ukuran besar karton telur
· Pensil
· Lem putih
· Penggaris
· Cutter
· Gunting
· Cat akrilik (warna hijau dan wana lainnya)
· Kuas cat

Cara Pembuatannya:


1. Cat semua permukaan gulungan bekas tisu toilet dengan cat akrilik berwarna hijau. Apabila sudah dicat secara merata, diamkan selama beberapa menit agar lem dapat mengering lebih cepat sehingga akan mudah dipotong dan dibentuk saat langkah pembuatan.


2. Jika cat sudah kering, ambil gulugan yang telah diberi warna dan tandai dengan menggunakan pensil. Bagi menjadi 3 bagian pada gulungan tersebut. Usahakan tinggi dan lebar dari gulungan sama ketika dipotong nantinya.


3. Potong gulunganya sehingga nantinya akan menjadi 3 buah gulungan dengan tinggi yang sama. Agar lebih rapi, anda dapat membersihkan sisa-sisa pinggiran bekas proses pemotongan tadi.


4. Ambil pensil dan gambar bentuk daun bunga seperti pada gambar berikut. Jangan lupa untuk memberi jarak sekitar 1 cm dari bawah sebelum membuat pola daun untuk bunganya. Anda dapat memperhatikan gambar berikut jika di dasar/bawah gulungan ada jarak sekitar 1 cm.


5. Setelah digambar, kemudian guntinglah sesuai dengan pola yang telah dibuat. maka akan jadi seperti gambar berikut. Lakukan langkah 4 dan 5 ini pada kedua gulungan yang telah diberi warna hijau.


6. Kembangkan semua daun bunga yang telah dibuat sehingga terlihat seperti gambar berikut ini. Jika sudah dikembangkan daun bunganya, potong salah satu sisinya yang natinya untuk menaruh mahkota dan putik bunga.


7. Sekarang ambil karto telurnya dan potong 6 cup telur pada karton telurnya. Ini nanti akan dibuat kelopak dan putik bunga. Ingat, jangan memotong pada bagian tengah karton telur karena bagian tengah karton telur ini akan bermanfaat pada pembuatan mahkota bunganya.


8. Untuksetiap bunga, Anda dapat memangkas 2 karton telur dan 1 bagian persegi. Potong salah satu karton telur setinggi mungkin dan memangkas cangkir telur lainnya, sedikit lebih pendek dari yang pertama. Agar lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut.


9. Potongkelopak ke dalam 2 tempat telur. Pada tempat telur yang tinggi, membuat potongan mendalam yang turun ke bagian bawah tempat telur. Buatlah pemotongan ini pada seluruh cangkir. Pada tempat telur yang pendek, buatlah potongan yang pendek di sekitar tempat telur.


10. Jika sudah melakukan pemotongan, lakukan hal yang serupa seperti pada langkah ke 6 dengan mengembangkan kelopak bunga yang telah dipotong. Usahakan pelan-pelan saat mengembangkan bunga karena jika terlalu keras maka dapat merusak permukaannya.


11. Kemudian agar memperindah karya, gunakan cat sesuai warna yang disiapkan. Disini menggunakan warna kuning putih serta merah muda. Untuk pewarnaan pada kelopak bunga bisa dilihat gamabr berikut.


12. Tidak lupa juga untuk mewarnai bagian putik / persegi pada bunga dengan cat. Cara pewarnaan pada bagian persegi ini bisa dilihat di gambar berikut.


13. Pada tahap ini adalah pembuatan dasar dari bunga. Ambil pensil dan buatlah garis vertikal dengan batas pada bagian bawah dan atas sekitar 1 cm. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada gambar berikut. Lakukan langkah ini juga pada gulungan yang lainnya. berikan sedikit guratan pada sisi pinggir dari gulungan agar terlihat alami.


14. Jika telah melakukan penandaan, ambil cutter dan iris pada bagian yang telah ditandai oleh pensil. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Usahakan dalam pengirisan dilakukan dengan hati-hati karena jika tidak dapat melukai tangan anda.


15. Jika sudah, maka fondasi bunga ini akan memiliki batang yang berongga. Lalu langkah selanjutnya ialah pengembangan fondasi bunga dengan cara menekan bagian atas fondasi bunga secara perlahan-lahan ke bawah sehingga bagian tengah pada fondasi bunga terlihat seperti jeruji. Lakukan langkah pada gulungan lainnya. untuk penekanan untuk membuat rongga batang bunga jangan langsung menekan pada bagian atas dan bawa secara langsung karena dapat merusak permukaan. oleh karena itu, dorong ke salah satu sisi yang kuat sehingga penekanan dapat ditahan agar tidak berlebihan.


16. Terakhir, anda dapat menyusun dan merakit urutan bunga mulai dari batang bunga, daun, bunga, kelopak bunga serta terakhir putih bunga. Pertama dimulai dari batang bunga kemudian daun bunga yang telah diberi lem pada sisi dalamnya lalu tempelkan di mulut atas batang bunga kemudian dilanjutkan oleh kelopak bunga dan terakhir ialah putik bunga.

Oleh: Albert S
(Disadur dari michelemademe.com)
Tags