Membuat Bunga Dahlia dari Sedotan Plastik

8 Juli 2019 Tutorial Lain-Lain


Bunga Dahlia adalah salah satu tanaman jenis perdu-perduan berumbi yang mempunyai sifat tahunan. Bunga ini hanya akan berbunga ketika musim panas tiba dan akan bermekaran sampai musim gugur telah datang. Bunga dahlia ini adalah bunga asli yang berasal dari Meksiko. Selain itu bunga ini menjadi bunga nasional dari negara Meksiko sendiri. Umumnya bunga dahlia mempunyai warna pada bunganya yang sangat cerah dan terlihat begitu indah. Selain itu bunga ini menjadi inspirasi dalam membuat kerajinan bunga dari sedotan. Berikut ini cara membuat kerajinan bunga dari sedotan plastik berupa bunga dahlia:

Bahan dan alat yang dibutuhkan:

*. Gunting
*. Kawat
*. Sedotan plastik (Warna sesuka masing-masing)
*. Jarum suntik yang masih baru
*. Kelopak bunga dan putiknya

Berikut ini cara pembuatannya:
1. Potong satu batang sedotan plastik menjadi 8 bagian yang sama panjang. Dan untuk membuat satu buah kuntum bunga dahlia dibutuhkan enam batang sedotan plastik.

2. Kemudian potongan sedotan sebelumnya yang telah menjadi 8 bagian dipotong pada salah satu ujungnya seperti berbentuk setengah oval. Setelah itu potong menjadi dua bagian. Dan satu buah batang sedotan yang menjadi delapan bagian, setelah dipotong seperti barusan akan menjadi 16 buah potongan kelopak bunga.

3. Tusuk potongan-potongan sedotan dengan menggunakan jarum suntik pada bagian pangkalnya atau yang tidak dipotong seperti bentuk setengah oval tadi. Setelah itu masukkan kawat melalui lubang pada jarum. Pindahlah kelopak kawat, kemudian lakukan terus sampai kelopak bunga masuk ke dalam kawat.

4. Setelah itu satukan semua kelopak dengan cara melingkarkan kawat yang terdapat pada sisi kiri dengan kawat yang terdapat pada sisi kanan. Kemudian satukanlah kawat dengan kuat agar semua kelopak bunga menyatu dengan kuat.

5. Selanjutnya rapihkan kelopak bunga dengan baik. Jika kawat terlalu panjang bisa dipotong supaya tidak terlalu panjang.

6. Terakhir siapkan kelopak dan putik bunga kemudian masukkan putik pada bagian atas dan tutup dengan kelopak pada bagian bawah bunga. Dan bunga dahlia dari sedotan plastik pun telah selesai.

Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)