Membuat Bros Cantik untuk Souvenir dari Kain Flanel

24 Mei 2017 Tutorial Lain-Lain


Souvenir merupakan salah satu barang yang sekarang ini dirasa wajib ada pada setiap acara. Souvenir ini dianggap sebagai lambang ucapan syukur pada para tamu yang telah mau meluangkan sedikit waktunya untuk datang ke acara yang kita adakan. Namun tidak terbatas berupa barang serba guna, namun souvenir pernikahan bisa juga hanya berupa benda untuk kenang-kenangan, seperti foto, atau benda yang lainnya. Nah, kali ini kita akan belajar cara membuat souvenir dari kain flanel untuk pernikahan, yaitu bros hati cantik dari flanel.

Alat dan bahan-bahannya:
*. Kain flanel warna-warni
*. Kertas karton
*. Pensil
*. Gunting kain
*. Jarum
*. Benang
*. Dakron / kain perca
*. Gunting bergerigi
*. Lem tembak
*. Pin bros

Berikut cara pembuatannya:
1. Siapkan dahulu beberapa lembar kain flanel warna-warni. Warnanya bisa disesuaikan dengan tema acaranya. Kemudian buatlah pola berbentuk hati dengan ukuran sedang, pada selembar kertas karton. Berikutnya potong-potonglah lembaran kain flanel dengan bentuk kotak dengan ukuran sedikit lebih besar dari potongan pola hati.


2. Ambil 2 lembar potongan kain flanel kotak. Tempelkan pola hati pada tumpukan 2 lembar kain flanel kotak tersebut, lalu potonglah kain flanel menyesuaikan bentuk pola hati dengan menggunakan gunting khusus yang bergerigi. Penggunaan jenis gunting ini akan menimbulkan kesan potongan kain yang lebih artistik.


3. Setelah 2 lembar kain flanel kotak dipotong sesuai dengan pola hati, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.


4. Selanjutnya satukan kedua potongan kain flanel berbentuk hati tersebut. Lalu jahit tepiannya dengan menggunakan benang jahit dan jarum tangan.


5. Jangan jahit semua tepinya. Sisakan sedikit bagian tepinya tak terjahit. Fungsinya nanti akan digunakan sebagai lubang untuk memasukkan isian.


6. Buka sedikit lubang sisa jahitan tersebut, lalu isilah dengan dakron atau potongan-potongan kain perca sebagai ganti isiannya jika tidak ada dakron. Isilah flanel hati dengan penuh.


7. Selanjutnya setelah hati diisi penuh dengan dakron, lalu jahitlah kembali sisinya yang masih bolong dan belum terjahit.


8. Setelah semua tepiannya dijahit dengan rapi, selanjutnya adalah menambahkan pin bros. Ambil sedikit kain flanel, lalu potong membentuk persegi panjang dengan ukuran panjang menyesuaikan dngan ukuran pin brosnya. Tempelkan pin bros pada potongan kain flanel tersebut. Berikutnya potong lagi sedikit kain flanel dengan bentuk persegi dengan ukuran sedikit lebih kecil dari potongan kain flanel yang pertama. Kemudian tempelkan potongan kecil ini menutupi bagian dalam pin bros, dan jangan lupa buka terlebih dahulu pinnya sebelum ditempeli.


9. Nah, bros hatinya sudah jadi. Selanjutnya Anda bisa mengulangi semua langkah di atas pada potongan kain-kain flanel lainnya yang telah disiapkan. Buatlah sebanyak yang Anda butuhkan, dengan warna kain flanel yang bervariasi. Jika Anda mau Anda masih bisa menambahkan sedikit assesoris tambahan yang berukuran kecil dan ditempelkan pada bagian depan hati.


Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)