Membuat Boneka Salju dari Sterofoam

9 Januari 2015 Tutorial Lain-Lain


Pernah berangan-angan merasakan musim dingin atau lebih dikenal dengan musim salju? Jika mendengar musim salju, mungkin anda akan teringat dengan tradisi membuat boneka salju yang diberi wortel untuk hidungnya serta syal dan topi. Nah jika anda ingin membuat boneka salju, kita juga bisa membuatnya dengan memanfaatkan alat-alat sederhana.


Mungkin tertarik untuk membuatnya? Jika penasaran, anda dapat menyiapkan beberapa bahan serta alatnya seperti:

· Kemasan selai kaca
· Styrofoam berbentuk bulat dengan ukuran 10 cm
· Mur hitam dengan diameter 1 cm
· Wortel mainan
· Glitter kristal
· Benang wol putih
· Lem putih
· Sumpit kayu
· Tali bekas (warna bebas)

Cara Pembuatan:

1. Pertama-tama kita hias terlebih dahulu bola sterofoamnya dengan memberikan lem pada semua sisi dari sterofoamnya. Setelah diberikan lem, kaitkan wol pada sekeliling sisi sterofoamnya untuk menimbulkan kesan unik dan terakhir berikan glitter secara perlahan pada seluruh bagian bola sterofoamnya. Tunggu beberapa saat hingga kering. Untuk pengeleman agar tidak terkena tangan, anda dapat menancapkan sumpit kayu sehingga mudah untuk memberikan lemnya.


2. Setelah itu masukan 2 mur hitam untuk membuat matanya. Usahakan agar perlahan memutar murnya mengingat strofoam mudah retak apabila ditancapkan secara keras. Setelah membentuk matanya, anda bisa menambahkan wortel mainan sebagai hidung dari boneka saljunya. Apabila sudah tunggu hingga mengering.


3. Untuk membuat syal dari boneka salju, silahkan anda dapat menambahkan beberapa tali (digambar menggunakan tali sepatu) yang digabungkan menjadi satu dan diikatkan secara bersamaan pada kemasan selai kaca tepatnya di mulut kemasan. Anda juga dapat menambahkan glitter pada sekeliling kemasan selainya. Setelah itu, tempatkan kepala boneka salju ke atas mulut kemasan.

Jadilah boneka salju hasil karya sendiri. Anda juga dapat mencobanya dengan anak-anak untuk meningkatkan kreativitasnya.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari craftsunleashed.com)