Membuat Boneka Katak dari Botol Plastik Bekas

11 Januari 2013 Tutorial Lain-Lain


Mungkin jika kita lihat aneka boneka yang banyak di jual di toko hanya sebagai pajangan saja adalah hal yang biasa. Tapi bagaimana dengan boneka yang bisa menyimpan barang? Apalagi boneka ini bukan dari kain atau bulu melainkan dari botol plastik bekas.

Penasaran cara membuatnya? Boneka ini dapat dipakai sebagai tempat menyimpan pernak-pernik, kelereng, koin, atau perhiasan. Bahkan semakin aman karena dengan trik sederhana kita dapat memasang reseleting dalam sekejap pada boneka tersebut.

Nah, disini akan dijelaskan cara-cara membuat boneka katak plastik yang pastinya unik untuk dicoba. Untuk bahan dan alatnya, terbilang mudah didapat karena bahan dasarnya dari botol plastik bekas. Berikut bahan dan alatnya:

· Selotip

· 2 buah botol plastik bekas minuman yang sama bentuknya.

· Pisau cutter dan gunting

· Meteran kain

· Spidol marker

· Pushpin

· Handuk (opsional)

· Zipper tas 12-inch

· Jarum bordir dan benang

· Gabus penutup botol

· Kuas dan cat akrilik hijau


· Lem dan Googly mata (kami menggunakan mata ukuran 1/2-inch)

Steps:


1. Untuk membuat boneka katak dari plastik botol bekas ukurlah dengan meteran kain lalu tandai dengan spidol marker sebagai penanda ukuran, lalu potonglah botol sekitar 2 1/2 inci dari bagian bawah. Untuk membuat boneka kodok lebih tinggi, potonglah botol itu sekitar 3 1/2 inci dari bagian bawah. Dengan cutter atau gunting, potong masing-masing botol di sepanjang tepi garis yang telah ditulis dengan spidol.


2. Gunakan spidol, lalu tandai 1/2-inci dari tepi botol yang telah digunting dengan garis putus-putus. Lubangi melalui tanda masing-masing dengan pushpin (Tips: Bekerjalah dengan menggunakan handuk yang dilipat untuk menjaga botol plastik bekas agar tidak tergelincir sehingga anda terhindar dari kecelakaan tertusuk pushpin).


3. Tutup ritsleting dan pasanglah di sekitar satu botol bekas yang telah dipotong, seperti yang ditunjukkan pada gambar, dengan menggunakan selotip untuk menahannya tetap di tempat. Siapkan jarum dengan benang. Lalu jahitlah ritsleting ke botol, mulai dari dalam dan menarik benang keluar dari lubang-lubang. Setelah dijahit sekelilingnya, simpul benang kemudian potong benang yang berlebih. Buka ritsleting dan jahitlah botol kedua dengan cara yang sama.

4. Untuk membuat mata katak, gunakan pisau untuk memotong gabus penutup botol menjadi setengah. Potong seperti yang ditunjukkan. Cat gabus dan tunggu hingga kering, kemudian lem pada mata googly. Setelah itu rekatkan ke botol yang telah dijahit.

(Tip: Untuk menutupi bekas jahitan, dapat memakai selotip yang berwarna dan rekatkan ke sekeliling botol lalu di cat)

(Sumber: bahan-membuat.com)