Membuat Bingkai Foto yang Unik dari Kertas Koran Bekas

20 Maret 2017 Tutorial Lain-Lain


Tumpukan kertas koran bekas yang tidak terpakai di rumah sebaiknya jangan Anda buang karena kertas koran tersebut masih bisa dimanfaatkan untuk dibuat berbagai macam kerajinan tangan, seperti contohnya bingkai foto dari kertas koran bekas.

Alat-alat yang diperlukan:
*. Kertas koran bekas
*. Gunting / cutter
*. Lem kertas atau lem kayu (Fox)
*. Kardus bekas atau karton tebal yang tidak terpakai
*. Cat warna atau bisa juga dengan menggunakan vernis kayu

Berikut langkah membuat bingkai foto dari kertas koran bekas:
1. Bagi 1 lembar halaman kertas koran menjadi 4 atau 2 bagian.
2. Buat menjadi lintingan kecil yang memanjang, jika Anda mengalami kesulitan dalam melinting kertas koran tersebut maka Anda bisa menggunakan bantuan lidi untuk mempermudah menggulung kertas koran tersebut menjadi lintingan.


3. Buatlah sekitar 20 hingga 30 lintingan.
4. Setelah semua lintingan selesai dibuat, pipihkan.
5. Gulung lintingan hingga membentuk lingkaran seperti obat nyamuk, dan beri lem pada saat menggulung supaya tidak lepas, bisa juga dibuat menjadi berbagai macam ukuran gulungan yang berbeda supaya terlihat lebih menarik


6. Setelah semua lintingan selesai digulung, potong kardus bekas atau karton bekas 2 lembar dengan ukuran sama besar atau disesuaikan dengan ukuran foto yang akan digunakan.
7. Buat bingkai dengan menggunakan salah satu karton atau kardus bekas tersebut sekitar 1,5 cm tiap sisi, potong dengan menggunakan cutter.
8. Tempelkan bingkai yang sudah Anda buat ke potongan kardus atau karton satunya dengan menggunakan lem pada sisi bingkai tersebut, dan sisakan salah satu sisi untuk memasukkan foto kedalam bingkai nantinya.
9. Tempelkan gulungan-gulungan kertas koran tersebut pada sisi bingkai dengan menggunakan lem kertas.
10. Beri lubang pada dua bagian sisi bingkai jika photo akan digantung di dinding atau tempelkan penyangga pada bagian belakang bingkai jika ingin di taruh diatas meja

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags