Membuat Barongsai dari Gelas Plastik

29 Januari 2014 Tutorial Lain-Lain


Pernah melihat di pertunjukan Barongsai di sekitar rumah Anda atau ditempat lain? Ya, Barongsai merupakan tarian tradisional yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Pada perayaan pergantian tahun baru nanti atau lebih dikenal dengan tahun baru Imlek . Selain pembagian Angpau, Barongsai pun juga merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari tahun baru Imlek.

Seperti yang kita tahu, Barongsai sendiri berhubungan dengan boneka singa atau naga. Kali ini untuk merayakan Imlek kita tidak harus mebuat boneka Barongsai yang begitu besar. Namun ada kreativitas dari bahan sederhana yang dapat menarik perhatian bagi Anda yang suka dengan kerajinan tangan. Bagaimana cara pembuataanya? Yuk kita lihat dibawah ini.

Alat & Bahan


· 12 buah gelas plastik kecil
· Jarum benang yang yang tebal
· Pita tipis sepanjang 100 cm berwarna merah
· Kertas krep berwarna merah
· Lem putih
· 2 batang Sumpit kayu
· Gunting
· Kuas
· Mata boneka
· Pernak -pernik emas
· Lem panas

Cara pembuatan


1. Siapkan 12 gelas plastik dari bekas kemasan yang sudah tidak digunakan lagi seperti kemasan minuman gelas. Carilah ukuran kemasan gelas yang sama agar terlihat serasi ketika pembuatan kerajinan tangan ini. jangan lupa juga kemasan gelas plastik haruslah bersih agar memudahkan Anda ketika melakukan penjahitan karya.


2. Siapkan juga kertas krep merah yang telah disiapkan. Langkah ini adalah langkah untuk menghias permukaan gelas plastik. Penghiasan akan terdiri dari 2 bagian yang pertama melapisi dengan kertas krep saja dan selanjutnya adalah pengeleman kertas krep yang telah dipotong-potong seperti pada gambar. Untuk pemotongan kertas krep pada gambar ialah 3 cm. Buatlah ukuran kertas sesuai dengan tinggi gelas plastik.


3. Jika telah dilakukan, lapisi ke-12 gelas plastik dengan lem putih. Lapisi secara merata dan tidak perlu terlalu banyak memberikan lem mengingat kertas krep memiliki ketebalan yang tipis sehingga akan mudah robek jika penggunaan lem melebihi batas. agar lebih mudah mengoleskan lem, gunakan kuas agar lebih merata lemnya.


4. Setelah itu ambil kertas krep dan tempelkan ke permukaan gelas plastik yang telah diberi lem putih. Sisakan pada bagian bawah setidaknya satu centimeter saja untuk perekatan kertas krep nanti. Usahakan agar kertas tidak mengkerut agar terlihat rapi.


5. Selanjutnya pada bagian bawah gelas plastik yang telah diberi jarak, oleskan kembali lem putih secukupnya hingga merata. Pengolesan lem harus dilakukan teliti untuk menghindari terjadinya kertas sobek. pada langkah ini lakukan dengan teliti agar permukaan kertas tidak kusut akibat pengolesan lem.


6. Ambil kertas krep yang telah dipotong-potong tadi dan tempelkan bagian atas kertas krep pada bagian bawah gelas plastik. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat gambar berikut untuk pengeleman kertas krepnya.


7. Jika sudah, diamkan selama beberapa menit. Sambil menunggu buatlah semua gelas plastik seperti langkah-langkah sebelumnya hingga semua gelas plastik telah di balut oleh kertas krep dan tunggu hingga lem kering.


8. Jika sudah kering, pada mulut gelas berilah sedikit lem dan tempelkan pada pernak-pernik emas sampai terlihat seperti pada gambar berikut. Lakukan juga proses ini pada gelas plastik lainnya. Pastikan pernak-pernik emasnya sudah menempel kuat di mulut gelas plastik dengan cara sedikit menekan-nekan pada mulut gelas.


9. Nah, apabila semua sudah dilakukan, saatnya untuk penyatuan kelas sehingga pada nantinya akan membentuk naga yang mirip seperti pertunjukan Barongsai. Gunakan pita yang telah disiapkan untuk penyatuan gelas.


10. Cara penyatuan gelas ini adalah dengan memasukan benang yang ke dalam gelas. Untuk lebih jelas caranya, silahkan anda dapat melihat gambar berikut. Tarik benang hingga memiliki panjang yang sesuai namun tetap tersambung dengan benang.


11. Ambil lagi gelas plastik yang sudah dihiasi kertas krep. Hubungkan gelas plastik yang telah diberikan benang ke gelas plastik yang satu lagi namun sama-sama menghadap ke mulut gelas seperti pada contoh. Jika sudah, ikat mati pada salah satu gelas plastik. Salah satunya akan menjadi kepala sang naga.


12. Pasang kembali dengan menggunakan benang dan satukan dengan gelas plastik lainnya hingga membentuk seperti naga. Jangan lupa juga untuk memberikan mata boneka kepada kepala naga agar memperindah hasil karya.

13. Langkah terakhir ambil 2 sumpit dan olesi lem panas dan tempelkan pada sisi kanan naga sehingga naga dapat dimainkan layaknya pertunjukan Barongsai. Diamkan selama beberapa menit agar lem panas dapat merekat kuat. Jika sudah, maka anda dapat memainkan naga tersebut. Happy Chinese New Year!

Dikutip dari alphamom.com