Membuat Bando Cantik dari Bahan Senderhana

6 Januari 2014 Tutorial Lain-Lain


Siapa bilang untuk memiliki bando harus dengan membelinya? Sebenarnya jika kita memiliki ide yang kreatif dalam pikiran kita, barang - barang sederhana bisa kok dibuat menjadi bando yang tentunya tidak perlu mengeluarkan biaya lebih. Meski bando yang ditawarkan di sejumlah tempat di tempat penjualan membuat kita tertarik untuk membelinya, kita juga bisa membuat bando yang tidak kalah indahnya dengan yang lainnya. Ingin tahu cara pembuatannya? Yuk kita simak persiapan alat dan bahannya.

Alat dan bahan:

· 1 buah Bando putih polos dengan tebal 0,5 cm (5 mm)
· 1 rol pita bercorak (bebas) dengan ukuran yang sama dengan bando yakni 0,5 cm
· Siapkan juga 3 kancing putih dan 3 kancing merah
· Gunting
· Lem Panas (panaskan lem terlebih dahulu 15 menit sebelum pembuatan)
· Spidol

Sudah siap dengan alat dan bahannya? Yuk simak cara pembuatannya.


1. Ambil bando putihnya dan tandai batas untuk pengeleman pita pada bando dengan menggunakan spidol. tandai dengan tipis karena apabila terlalu tebal maka akan mempengaruhi corak pada pita mengingat pita nyang digunakan tipis dan agak transparan. Samakan tanda di sisi kiri dan kanan bando. Kira-kira sisakan 8 cm untuk batas bawah bando.


2. Gunakan lem panas yang telah dipanaskan sebelumnya dan teteskan sedikit lem ke beberapa bagian pada bando namun jangan terlalu banyak karena akan merusak permukaan bando. Lakukan agak cepat pada pengeleman karena lem panas mudah kering ketika bereaksi dengan udara. Kemudian ambil pita dan tempel diatas permukaan bando yang telah diberi lem seperti pada gambar.


3. Agar terlihat rapi, gunting pita kira-kira kurang dari 1 cm dan tempelkan seperti pada gambar berikut. Hal ini juga untukpita tetap merekat kuat ketika dipakai nantinya.


4. Ambil pita dengan panjang kira-kira 10 cm dan lipat kedua ujung kiri dan kanan pita ke tengah lalu di beri sedikit lem pada sisi tengahnya.


5. Setelah jadi pitanya, buat kembali pembungkus pada sisi tengah pita yang telah dibuat tadi seperti pada gambar berikut.


6. Untuk memperindah bando yang nantinya akan digunakan, lem kedua kancing dengan warna merah dan putih dan tempelkan ke sisi tengah pita seperti pada gambar berikut.


7. Nah, untuk sisa kancing bisa ditempelkan pada sisi kiri pada bando agar terlihat lebih indah serta menarik.

(Dikutip dari craftpassion.com)