Membuat Amplop dari Kain Fanel

28 November 2014 Tutorial Lain-Lain


Apa itu amplop flanel? Amplop flanel adalah salah satu kerajinan tangan sederhana berbentuk amplop kecil yang terbuat dari bahan flanel. Dan walaupun termasuk kerajinan tangan sederhana tpi gunanya bisa banyak. Amplop seperti yang banyak kita tahu biasanya berupa sebuah wadah dari bahan kertas yang dilipat, yang dipakai untuk mengirimkan surat atau yang lainnya. Nah amplop yang biasanya terbuat dari kertas kali ini akan kita coba buat dari flanel warna-warni.

Siapkan beberapa bahan untuk membuat kerajinan tangan amplop flanelnya, diantaranya:
1. Beberapa lembar kain flanel (lebih baik jika menggunakan kain flanel yang bermotif)
2. Kertas karton
3. pensil
4. Spidol
5. Penggaris
6. Jarum tangan
7. Benang wol warna-warni
8. Kancing baju

Langkah 1: Membuat pola amplop pada selembar kertas karton tebal. Gambarlah polanya sesuai dengan bentuk dan ukuran amplop yang diinginkan.


Langkah 2: Menyalin pola yang sudah jadi dari kertas karton ke lembaran kain flanel. Jiplaklah polanya dengan menggunakan ballpoint atau spidol. Setelah pola tergambar dengan baik, potonglah pola pada kain dengan menggunakan gunting.


Langkah 3: Jahit pola ampolp dari kain yang sudah dipotong. Jahitlah secara kasar dengan benang wol untuk memberikan kesan unik. Jahitlah semua bagian kecuali pada tutup amplop.


Setelah semua sisi terjahit dengan sempurna, pasanglah sebuah kacing. Gunakan kacing yang ukurannya agak besar untuk memperindah tampilan. Warna kacing boleh berbeda-beda tergantung selera. Setelah itu jangan lupa untuk menambahkan sehelai benang wol pada bagian tutup amplop. Guna dari benang wol ini nantinya adalah untuk mengancingkan tutup dengan cara mengikatkan benang wol dengan kacing baju.


Jika kacing sudah selesai dipasang, sekarang untuk lebih mempercantik tampilan amplop bisa ditambahkan beberapa assesoris tambahan pada bagian depan amplop. Tambahan hiasan bisa menggunakan kain flanel dengan warna yang berbeda. Dan jika amplop ini nantinya akan dipakai untuk mengirimkan kartu ucapan atau undangan, bisa ditempelkan nama sipenerima pada bagian amplop. Nama bisa juga dibuat dari flanel yang hurufnya dijahit dengan benang wol.


Jika akan dipakai untuk mengirimkan undangan atau kartu ucapan, buatlah aneka kartu ucapan yang menarik. Usahakan kartu ucapan ukurannya sesuai dengan lebar amplop. Dan pada kartu ucapan juga bisa diberikan hiasan dari flanel.


Kalau semua ucapan sudah selesai dibuat, masukkan kedalam amplop dan amplop bisa ditutup dan dikancingkan.

Nah, inilah kerajinan tangan sederhana berupa amplop fanel yang sudah jadi dan siap dikirim.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kerajinantangantop)