Memanfaatkan Jepitan Kayu untuk Membuat Bunga Salju

28 Februari 2018 Tutorial Lain-Lain


Membuat karya hasil dari pikiran kita sendiri memang tidaklah membutuhkan biaya yang lebih karena dengan bahan-bahan sederhana pun kita juga bisa menciptakan karya seni yang mudah dan sederhana serta menarik. Kali ini kita akan membuat gantungan berbentuk bunga salju dari jepitan jemuran bekas.

Caranya pun terbilang cukup mudah karena karya ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu agar tidak menunggu lama, yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:

· Jepitan jemuran kayu yang tidak dipakai
· Lem panas (lem tembak)
· Tang
· Cat warna (berwarna perak lebih bagus)

Jika sudah menyiapkan beberapa alat dan bahannya, yuk kita intip cara pembuatannya berikut ini .


1. Kali ini kita akan membuat bunga salju dari jepitan kayu. Untuk setiap bunga salju akan membutuhkan setidaknya 8 jepitan kayu yang telah di pisahkan oleh kawat penggapitnya. Pertama-tama, pisahkan kawat penggapit dari jepitan kayu dengan menggunakan tang. Lakukan hal ini sampai 8 jepitan kayu untuk proses berikutnya.


2. Jika sudah berilah lem yang telah dipanaskan beberapa menit yang lalu. Lapisi jepitan kayu pada bagian dalamnya dengan menggunakan lem tembak. Jika sudah segera satukan dengan jepitan kayu dengan sisi yang berseberangan. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar berikut.


3. Jika sudah diberikan lem, tutup dengan menggunakan sisi jepitan yang satunya. Lalu diamkan selama beberapa menit hingga lem mengeras dan menyatukan jepitan kayu yang diberi lem. Lakukan hal ini pada ketujuh jepitan kayu yang dibuat menjadi 1 bunga salju.


4. Jika kedelapan jepitan sudah di lem oleh lem panas, maka selanjutnya ialah penyusunan bentuk dari bunga salju. Susunlah jepitan kayu tadi membentuk seperti bintang. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda dapat melihat caranya dengan mengikuti pada gambar berikut.

5. Jika sudah di susun bentuk bintang, maka selanjutnya adalah pengeleman pada sisi pojok dari jepitan kayu. Untuk pengeleman jepitan kayu bisa dilihat pada gambar sebelumnya. Pengeleman jepitan kayu diusahakan harus lurus seperti pada gambar karena pada nantinya akan dijadikan sebagai gantungan.


6. Diamkan beberapa saat hingga kering. Jika sudah, untuk memberikan kesan yang indah pada bunga salju yang dibuat, gunakan cat pewarna untuk melapisi permukaan bunga salju hingga memiliki warna yang unik. Seperti halnya warna perak yang bisa memancarkan kilau ketika bersentuhan dengan sinar matahari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari skiptomylou.org)