Macam-Macam Prakarya dari Biji-Bijian untuk Anak-Anak

8 Januari 2018 Tutorial Lain-Lain   |    Fenny Amalo


Anak-anak sangat suka berkreasi. Jika Anda memberikan sebuah kegiatan untuknya, dia akan betah duduk berjam-jam. Bagaimana jika kali ini kita membahas prakarya dari bahan-bahan yang sudah ada di dapur Anda? Biji-bijian kering bisa jadi bahan prakarya yang menarik. Selain untuk belajar membedakan bentuk dan warna, anak-anak juga akan belajar menggunting dan menempel.

Peralatan yang Anda harus siapkan juga tidak banyak: kertas, gunting, dan lem. Lem kertas batangan mungkin tidak cukup kuat untuk menempelkan biji-bijian besar (contohnya biji jagung), jadi usahakan menggunakan lem prakarya. Tidak usah khawatir dengan noda yang bisa terjadi akibat lem prakarya. Cara menghilangkan bekas lem di baju tidak sulit, kok. Siap? Yuk, kita mulai.

Anda perlu mengawasi anak-anak ketika beraktivitas dengan biji-bijian untuk mencegah kecelakaan biji-bijian masuk lubang hidung atau telinga.

1. Bentuk hewan

Prakarya ini cocok untuk anak-anak yang masih balita atau yang duduk di TK kecil.

Bahan-bahan:

· Biji-bijian - usahakan agar ukurannya tidak terlalu berbeda (kacang hijau, beras, beras merah, dsb)
· Lem prakarya
· Pensil
· Aksesori mata mainan (bisa dibeli di toko bahan prakarya)
· Kertas
· Batang bekas es krim

Cara membuat:

  • Gambar bentuk hewan apa saja di kertas. Anda bisa juga mencetak dari internet kemudian menjiplaknya di atas kertas. Anda tidak perlu menggambarnya secara mendetail, cukup garis luarnya saja.
  • Oleskan lem di atas bentuk ini. Anda bisa menggunakan batang bekas es krim untuk meratakan lem.
  • Taburkan biji-bijian di atas permukaan lem. Ajari anak untuk meratakan biji-bijian hingga seluruh permukaan lem tertutup secara merata (tidak ada bagian yang bolong). Tekan-tekan agar biji-bijian menempel erat.
  • Tunggu hingga lem kering. Setelah lem kering, balik kertas, agar biji-bijian yang tidak menempel jatuh.
  • Tempelkan aksesori mata mainan.


2. Mozaik

Nah, untuk anak yang sudah bisa menempelkan biji satu-persatu, prakarya ini ideal. Selain itu, dalam prakarya ini anak akan belajar untuk membedakan warna dan bentuk.

Bahan-bahan:

· Biji-bijian berbagai bentuk dan warna
· Pensil
· Kertas
· Lem prakarya
· Batang bekas es krim

Cara membuat:

  • Gambar bentuk apa saja di atas kertas: bunga, mobil, rumah, apa saja yang menarik. Gambar Anda harus menunjukkan bagian-bagian yang berbeda dari obyek tersebut. Misalnya: bunga lengkap dengan kelopak, batang, dan daunnya.
  • Pikirkan biji-bijian jenis apa yang akan ditempelkan di bagian-bagian tertentu. Contohnya: biji jagung untuk kelopak bunga, beras merah untuk batangnya, dan kacang hijau untuk daunnya. Hasil kreasi tiap anak akan berbeda karena daya imajinasinya yang berbeda pula.
  • Oleskan lem di salah satu bagian, dan tempelkan biji-bijian. Tekan-tekan agar menempel erat. Jangan langsung mengoleskan lem ke seluruh gambar agar lem tidak terburu kering. Anak akan membutuhkan waktu untuk memilah biji dan menempelkan biji satu-persatu di tempat yang benar.
  • Lakukan untuk bagian-bagian yang lain.
  • Biarkan hingga lem kering.


3. Bingkai foto

Prakarya ini baik untuk anak yang sudah cukup mandiri, bisa menggunakan penggaris dan menggunting sendiri.

Bahan-bahan:

· Biji-bijian berbagai jenis dan bentuk
· Lem prakarya
· Penggaris
· Pensil
· Kertas karton
· Kertas karton tebal, misalnya kardus (untuk bagian belakang bingkai)
· Batang bekas es krim

Cara membuat:

  • Siapkan bagian belakang bingkai dengan kertas karton tebal. Bentuk dan ukurannya terserah, tapi yang terbaik, ikuti ukuran-ukuran foto pada umumnya. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa centimeter dari ukuran foto yang akan dipajang.
  • Kini, siapkan kertas karton untuk bagian depan bingkai. Samakan ukuran dan bentuknya dengan bagian belakang. Lubangi bagian tengahnya sesuai ukuran foto dengan gunting.
  • Garisi bagian depan bingkai dengan pensil agar membentuk pola biji-bijian yang Anda inginkan.
  • Oleskan lem, dan tempelkan biji satu-persatu sesuai keinginan. Tekan-tekan agar biji-bijian menempel erat.
  • Setelah lem kering, gabungkan bagian depan dan belakang dengan lem. Jangan lem bagian atas bingkai untuk tempat memasukkan foto.


Ketiga prakarya ini tidak sulit, bukan? Berhati-hatilah ketika menggunakan lem prakarya, karena mudah menetes dan menimbulkan kekacauan di sana-sini. Alasi meja tempat si kecil berkarya dengan kertas koran sebelumnya. Jika bajunya terkena bekas lem, tidak masalah. Cara menghilangkan bekas lem di baju tidak sulit dan bisa Anda cari di internet. Jangan jera mengajak anak berkreasi karena noda yang terjadi. Kini, Anda bisa memajang hasil karyanya di dinding agar dia berbangga hati.