Lentera Unik dari Kaleng Bekas

20 Agustus 2015 Tutorial Lain-Lain


Mendaur ulang merupakan suatu kegiatan yang mengubah benda yang tak terpakai seperti barang-barang bekas yang seringkali ditemukan. Salah satunya adalah kaleng. Kaleng-kaleng yang kita temukan disekitar lingkungan bisa mempengaruhi keadaan lingkungan apabila dibiarkan begitu saja. Jika dibiarkan lama, kaleng-kaleng ini akan menjadi berkarat dan dapat merusak kesuburan tanah.


Kita dapat mendaur ulang kaleng tersebut dengan beberapa cara yang unik. Salah satunya membuat kaleng menjadi lentera lampu. Nah, untuk pembuatannya cukup mudah kok karena kita dapat membuatnya dengan mempersiapkan alat dan bahannya seperti:


· Kaleng Bekas kemasan konsumsi berbentuk tabung
· Amplas logam/besi
· Penggaris Template
· Pake
· Palu
· Kawat tebal
· Tang
· Koran bekas
· Cat semprot (warna metalic & hitam)

Cara Pembuatan:

1. Pertama silahkan gunakan haluskan permukaan kaleng dengan menggunakan amplas yang telah disediakan. Hal ini berguna untuk menghilangkan kilap pada kaleng sehingga ketika diberikan cat menjadi lebih mudah. Setelah di amplas, ambil penggaris template dan bentuk permukaan kaleng dengan paku. Caranya dengan menggunakan palu dan di bentuk melalui paku. Setelah dibentuk gambar melalui paku, beri warna metalic dengan cat semprot. Untuk warna metalic bisa warna emas atau silver. Berikan secara merata dan diamkan hingga kering.


2. Untuk membuat warna lebih bervariasi, kita dapat memberikan corak pada warna kaleng. Caranya ambil koran dan lingkarkan pada bagian tengah kaleng. Setelah itu, berikan cat berwarna hitam dan berikan hingga sisi atas dan bawah tabung secara merata dan keringkan. Sambil menunggu kering, kita dapat mengambil kawat yang telah disiapkan. potong sesuai dengan perkiraan untuk digantungkan. Setelah kering, pada kedua bagian pinggir kaleng beri lubang. Masukan kawat yang telah dipotong dan bengkokan untuk mengunci kawat agar tidak lepas. Terakhir masukan lilin dan nyalakan. Kita bisa melihat cahaya berbentuk pada kaleng.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari ehow.com)