Lampu Mumi dari Kemasan Selai

29 November 2019 Tutorial Lain-Lain


Seringkali bahan kemasan yang sudah tidak terpakai dibuang begitu saja sehingga bisa menambah volume sampah. Contohnya saja seperti kemasan selai. Banyak orang yang membuangnya ketimbang dimanfaatkan kembali. Jika dilihat dari bahan dan bentuknya, kita bisa mengubahnya menjad karya seni yang menarik dan unik untuk dibuat.


Kita bisa mengubah kemasan selai ini menjadi lampu tidur yang unik. Nah penasaran kan bagaimana hasilnya? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:


· Lem putih
· Kain kassa
· Kemasan selai bekas
· Lilin
· Karton hitam
· Kuas untuk lem

Cara pembuatan:

1. Pertama tentukan jumlah kain kassa yang akan digunakan untuk pembuatannya. Misalnya 3 kain kassa dengan panjang yang sama dan bentangkan untuk menyamakan ukuran panjangnnya. Setelah itu, siapkan lem dengan cara tuangkan lem sesuai dengan perkiraan dan mulai memberikan lem pada permukaan kemasan selai. Berikan lem secara merata pada setengah bagian saja agar bisa langsung ditempelkan kain kassa.


2. Setelah setengah bagian ditempel kain kassa, berikan lagi lem putih pada bagian permukaan selai dan tempelkan lagi kain kassa hingga kemasan selai tertutup kain kassa. Diamkan sesaat hingga kain kassa merekat kuat di kemasan selai. Setelah itu, kita buat mata untuk menggambarkan karya seni kita seperti "hidup". Caranya ambil karton dan buat lingkaran besar dan kecil. Untuk lingkaran besar, kita ambil bagian pinggir saja sehingga bagian tengahnya kosong. Pada bagian tengah kemasan selai yang dibalut kain kassa tempelkan mata yang dibuat dari karton tersebut. terakhir, ambil lilin dan nyalakan didalam kemasan selai. Jadilah lampu tidur unik.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari modpodgerocksblog.com)