Lampu Dinding Bulan dan Bintang

13 Maret 2019 Tutorial Lain-Lain


Bagaimana agar kamar kita menjadi menarik? Hmm.. mungkin kita harus membuat dekorasi yang beragam agar terkesan kamar tidak terlihat itu-itu saja. banyak orang yang ingin membuat dekorasi kamar sesuai dengan keinginannya. Kamar tidur kita sendiri bisa dijadikan sebagai cerminan diri kita. Nah, bagi kalian yang binggung menentukan apa sih yang ingin ditambahkan agar kamar tidur menjadi menarik, bagaimana dengan penambahan lampu bulan & bintang di dinding?


Apabila kalian tertarik, yuk kita sediakan alat dan bahannya seperti berikut:

· Kardus bekas
· Karton duplex
· Penggaris
· Gunting
· Pensil
· Cutter
· Cat warna hitam dan kuning
· Lampu LED natal
· Solatip kertas
· Lem tembak
· Solatip hitam

Cara pembuatan:

1. Siapkan gunting, pensil serta piring. Ambil kardus dan buatlah lingkaran dengan cara menggambarkannya menggunakan piring. Setelah mendapatkan bentuk simetris lingkaran, potong lingkaran tersebut dengan menggunakan gunting. Untuk membuat bulan sabit, caranya ambil kertas karton duplex serta piring lalu buatlah lingkaran. Ambil jarak kira - kira 5-6 cm dan buatlah setengah lingkaran lalu potong. Untuk membuat bingkainya, potong karton duplex secara persegi panjang dengan lebar 5 cm. buatlah bentuk yang sama namun agak pendek. Warnai bentuk lingkaran dengan warna hitam dan bulan sabit dengan warna kuning.


2. Setelah dicat dan mengering, tempel bulat sabit diatas lingkaran hitam. gunakan lem tembak agar merekat kuat. Setelah itu, ambil karton duplex yang agak pendek dan buatlah bentuk kubus. Gunakan staples untuk menyatukannya. Buatlah 3 buah kubus. Kemudian, pada karton duplex yang agak panjang, rangkailah menjadi bingkai lingkaran yang pas dengan lingkaran hitam dan sambungkan dengan staples. Satukan lingkaran hitam yang telah ditempel dengan bingkainya dengan lem tembak. Posisikan lingkaran hitam pada bagian tengah-tengah bingkai sehingga ada ruang untuk diisi dengan lampu LED nantinya. Pada bagian belakang kita pasang 3 kubus yang diletakan seperti gambar Tutup pada sisi pojok lingkaran dengan lakban hitam. pada bagian lingkaran hitam, lubangi permukaannya dengan obeng.


3. Masukan lampu LED secara teratur dan tiap bohlamnya diletakan dekat dengan lubang yang telah dibuat. supaya kabelnya tidak teracak, gunakan lem untuk mengatur tiap sudut kabel sehingga mudah dilihat apabila ada lampu yang tidak nyala. Setelah semuanya dibuat, cobalah nyalakan lampu pada tempat yang gelap. Indah bukan?

Oleh: Josua M
Dikutip dari handmadecharlotte.com
Tags