Kreativitas dari Karton Tisu Gulung

7 Maret 2018 Tutorial Lain-Lain


Seringkali kita menemukan kemasan bekas tisu gulungan dibuang begitu saja tanpa ada pemanfaatan lagi. Sampah kertas sebenarnya bisa kita oleh kembali menjadi sesuatu yang berguna bahkan bisa digunakan kembali untuk meneruskan program Go Green. Jika kita memiliki ide kreatif, barang bekas pun bisa dijadikan benda yang memiliki seni.


Kali ini kita akan membuat kreativitas anak-anak yang memanfaatkan barang bekas seperti kemasan bekas tisu gulung. Anda dapat mempersiapkan alat dan bahannya seperti:

· Karton tisu gulung
· Pewarna (Cat, Pilox atau lainnya)
· Spidol hitam
· Sedotan
· Pensil atau pulpen

Cara pembuatan:

1. Ambil 2 buah karton tisu gulung dan sejajarkan. Kemudian ambil pulpen atau pensil untuk membuat bentuk persegi panjang. Bentuk ini untuk membuat ekspresi dari ninja yang akan dibuat. silahkan anda dapat membuat garis persegi panjang menjadi tebal karena pada bagian lainnya akan diwarnai dengan cat.


2. Ambil pewarna yang telah dipersiapkan. Warna sesuai dengan keinginan. Seperti digambar menggunakan warna hitam dan merah. Warnai keseluruh sisi karton tisu gulung kecuali pada bagian dalam bentuk persegi panjang. Setelah diberikan warna yang diinginkan, diamkan beberapa saat hingga cat mengering.


3. Apabila sudah mengering, anda dapat memberikan gambar ekspresi pada bentuk persegi panjang misalnya ekspresi marah, senyum, binggung, sedih dan jenis ekspresi lainnya dengan spidol. apabila sudah, terakhir anda bisa menambahkan aksesori seperti sabuk dan pedangnya dengan menggunakan sedotan. Lingkarkan sedotan pada karton tisu gulung dan tambahkan sedotan lagi sebagai senjata ninja.

Bagaimana? Mudah, bukan memanfaatkan barang bekas?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kidsactivitiesblog.com)