Keset dari Kayu

11 Oktober 2017 Tutorial Lain-Lain


Seperti yang kita ketahui jika keset berguna untuk mengelap alas kaki maupun kaki ketika kita masuk ke suatu tempat. Biasanya ketika kita pergi ke pasar swalayan ataupun ke rumah orang seringkali kita menemui keset ini. Nah, umumnya keset dibuat dari serabut dan kain perca. Namun ketika hujan, keset ini seringkali terkena air sehingga basah dan tentu saja kotor.

Nah, untuk menghindari itu kita dapat membuat keset dari kayu karena selain kuat, keset kayu ini bisa membantu kita ketika alas kaki terkena gumpalan tanah akibat menginjak tanah yang basah. Kita bisa membuatnya dengan mempersiapkan alat dan bahan seperti:

Alat dan bahan:


· 2 batang kayu yang berukuran 180 cm atau 1,8 meter dengan ketebalan yang sama
· 10 buah Manik-manik kayu dengan diameter 2,5 cm
· Amplas kayu
· Bor
· Pensil
· Mistar
· Meteran
· Tali
· Gergaji
· Tali tambang kecil

Cara pembuatan:


1. Untuk pertama-tama, kita harus membagi kedua kayu menjadi 6. Caranya dengan menandai tiap kayu yang akan dipotong. Jika dibagi, maka kita akan mendapatkan ukuran yang sesuai masing-masing kayu adalah 60 cm. setelah diberi tanda pada ukurannya, silahkan dibagi dengan cara dipotong dengan gergaji. Dengan demikian kita mendapatkan 6 kayu dengan ukuran yang sama. jika sudah dipotong, buatlah batas pada ujung kayu 5 cm. tujuan pemberian batas pinggir ini sebagai penyambung tiap kayu nantinya. Lakukan juga ada semua sisi ujung kayu. Jika sudah ditandai, lubangi semua kayu dengan bor.


2. Jika sudah dibor, kita dapat menghaluskan bagian pinggir kayu dengan amplas. Amplas juga pada semua kayu terutama bagian pinggir. Setelah dihaluskan, kita akan berlanjut pada proses penyatuan kayu. Caranya ambil salah satu kayu dan tali tambang yang sudah disiapkan dan buatlah ikatan yang mengunci pada ikatan pertama dan menutupi lubang. Setelah mengikat kayu. Selipkan juga manik-manik kayu yang telah disiapkan dan sambung kembali dengan kayu hingga semua kayu di satukan bersamaan. Jadilah keset dari kayu!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kidsactivitiesblog.com)