Kepik dari Botol Bekas

1 Agustus 2016 Tutorial Lain-Lain


Kerajinan tangan memang tiada habisnya. Seperti ketika kita memanfaatkan benda bekas yang mungkin sudah tidak digunakan lagi dan lebih memilih untuk membuangnya. Sampah plastik botol conothnya. Sebenarnya kita bisa memanfaatkan botol bekas ini menjadi prakarya yang unik seperti membuat kepik dari botol. Kita bisa membuatnya dengan menyiapkan alat dan bahannya seperti:

· Botol soda
· Gunting
· Lem tembak
· Sterofoam bulat
· Cat warna - warni dan hitam
· Kuas cat
· Garpu plastik
· Lilin

Cara pembuatan:

1. Potong bagian bawah kemasan botol soda dengan ukuran yang berbeda dari besar hingga kecil. Setelah dipotong, warnai dengan menggunakan cat warna. Anda bisa memberikan warna sesuai dengan keinginan. Jika sudah diwarnai, ambil sterofoam bulat dan potong ¼ nya saja untuk membuat kepalanya. Setelah dipotong, warna dengan warna hitam. untuk mewarnainya, kita bisa gunakan batang kayu seperti lidi agar tidak membuat tangan kotor. Ambil juga garpu plastik dan lelehkan pada api untuk membengkokan ujung garpu membentuk antena pada kepik yang akan dibuat.


2. Setelah dibengkokan dengan cara di lelehkan, potong garpunya untuk mendapatkan antena pada kepik yang akan dibuat. Setelah itu, tempelkan dengan menggunakan lem tembak pada sterofoam yang telah diwarnai hitam ke bagian bawah botol soda. Pada sisi pinggir pada sterofoam bisa berikan mata boneka. Lalu lubangi bagian atas dengan gunting dan masukan antena kepik yang telah dilelehkan tadi. Terakhir, kita bisa warnai kepik dengan totol-totol hitam pada bagian badannya dengan menggunakan cat hitam dan bentuk titik-titik seperti pada gambar.


Oleh: Albert S.
(Dikutip dari diyrecycledcrafts.com)