Kemasan Bekas Menjadi Tempat Charge Barang Elektronik

13 Mei 2019 Tutorial Lain-Lain


Saat ini alat-alat canggih sudah tersebar diberbagai kota bahkan sampai ke desa-desa seperti halnya ponsel pintar atau lebih dikenal dengan smartphone. Dengan adanya smartphone, kita dimudahkan untuk mendapatkan hal yang diinginkan mulai dari informasi yang diinginkan sampai bisa berhubungan langsung dengan keluarga, teman atau orang lain dengan sosial media.

Nah, berbicara tentang ponsel pintar pasti tidak jauh dengan daya listrik pada gadget kita. Untuk tetap berinteraksi dengan sesama pastilah membutuhkan tenaga listrik yang terdapat dalam baterai smartphone. Ibaratkan baterai merupakan "nyawa" bagi smartphone. Apabila tidak ada baterai atau dayanya habis, maka ponsel tidak bisa kita gunakan. Oleh karena itu, kita harus mengisi dayanya dengan cara di-"charge".

Ketika ponsel sudah terisi daya listrik, biasanya kita mengabaikan alat untuk meng-charge dengan menelantarkan begitu saja. Tentu hal ini membuat tempat kita seperti berantakan dan dapat mengurangi daya tahan bagi alat charge tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, kita dapat membuat tempat untuk charge. Tempat charge ini bisa dibuat dari bahan bekas. Bagaimana caranya? Yuk kita siapkan bebeberapa alat dan bahan seperti:

· Botol kemasan bekas (botol shampoo)
· Penjepit taplak meja dari besi (bentuknya bisa dilihat pada gambar)
· Bentuk tempat charge bisa diunduh disini atau bentuk yang lebih besar disini
· Cutter
· Pelubang logam dari besi

Cara pembuatan:


1. Langkah awal, Anda harus mengunduh bentuk tempat charge yang tersedia di pada sesi alat dan bahan. Bisa bebas memilih ukurannya. Apabila sudah, gunting kertas yang sudah diunduh dan di cetak. Nah, ukurannnya membentuk telapak kaki ini akan dijadikan sebagai klise untuk pemotongan botol kemasan nantinya. Potong bagian depan botol hingga memiliki ukuran yang pas untuk klisenya.Tempelkan klisenya pada kemasan botol yang sudah dipotong.


2. Jika sudah, ambil cutter dan tandai klisenya hingga membentuk telapak kaki. Untuk membuat lubang diantara kelima jari kaki tersebut dapat menggunakan pelubang besi yang telah disediakan. Setelah dilubangi, akan terlihat seperti bentuk kaki pada lapisan kemasan botol persis seperti di klise. Sudah terlihat bentuk kaki, maka langkah selanjutnya adalah pemotongan dengan menggunakan cutter. Maka hasilnya akan terlihat pada gambar berikut.


3. Tempat charge berbentuk kaki sudah berhasil. Sekarang Anda ambil penjepit taplak meja yang telah disediakan dan pasangkan pada bagian tengah tempat charge yang sudah dilubangi. Masukan ujung penjepit taplak meja pada lubang yang telah dibuat. Untuk cara pemasangannya bisa dilihat pada gambar berikut.


4. Nah, terakhir, Anda dapat meletakannya di sisi pinggir meja. Jadi apabila ponsel atau barang elektronik yang telah terisi dayanya bisa dicabut tanpa membuat alat charge berantakan.

Selamat mencoba!!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari Benvelo.com)
Tags