Kelinci dari Kertas

30 September 2015 Tutorial Lain-Lain


Kita sering melihat seni origami yakni seni melipat kertas asal Jepang. Seiring dengan perkembangan zaman kita pastinya mengenal Papercraft. Papercraft ini merupakan seni yang memanfaatkan mesin cetak untuk membentuk kertas menjadi seni 3 Dimensi. Untuk pelipatannya bisa menggunakan lem atau steples sebagai penyambung antara sisi yang berseberangan.

Nah, kita pun juga bisa mencobanya. Untuk pembuatannya juga cukup mudah karena berbahan dasar kertas. Untuk itu, kita bisa menyiapkan alat dan bahannya seperti:

· 2 Kertas karton putih & 2 karton kuning
· Cutter atau gunting
· Lem kertas
· Penggaris
· Template Kelinci & Ayam

Cara pembuatan:


1. Cetak terlebih dahulu klise atau template yang telah diberikan. Untuk gambar kelinci gunakan karton putih dan untuk gambar ayam gunakan karton kuning. Setelah dicetak, potong semua bagian yang telah dicetak seperti bagian badan pada kelinci, telinga, tangan, gambar hati. Usahakan untuk pemotongan harus simetris agar tidak terjadi kesalahan pada saat pengeleman nantinya. Pada template telah diberikan penjelasan jika kata GLUE berarti diberikan lem pada bagian tersebut. cut berarti dipotong dan fold berarti dilipat.


2. Setelah dipotong, lipat terlebih dahulu bagian-bagian yang telah diberikan. Dalam pelipatan harus rapi karena pelipatan itu akan diberikan lem. Jadi apabila sudah dilem, kita tidak dapat memperbaikinya lagi. Jika semua sudah dilipat, maka akan terbentuk bangun kubus yang bergambarkan wajah dari kelinci. Sambungkan semua bidang pada kubus tersebut dengan menggunakan lem. Gunakan lem secukupnya agar kertas tidak mudah rusak saat ditempelkan. Setelah ditempelkan, pasangkan semua bagian dari telinga, tangan dan aksesorin lainnya. Jadilah kelinci dari kertas. Untuk membuat template Ayam bisa diikuti langkah ini.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari mollymoocrafts.com)