Kalung Berbahan Karton dan Kain Vinyl



Salah satu aksesori yang diminati oleh banyak orang terutama untuk kaum hawa ialah kalung. Kalung terkadang diidentikan dengan benda yang mewah sehingga memperindah penampilannya bagi yang menggunakannya. Namun perlu diketahui jika tidaklah semua kalung harus terbuat dari batu mulia seperti emas dan perak. Selain dari berbahan yang mahal, ternyata kalung dari karya seni juga memiliki segi keindahan dan unik juga tidak kalah menarik.

Tidak sedikit orang bisa memanfaatkan barang bekas seperti kardus yang sudah tidak terpakai bisa disulap menjadi kalung yang unik dan tidak kalah menarik dengan yang lainnya. Ingin tahu seperti apakah pembuatan dan hasilnya? Yuk kita siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat dan bahan

· Kain vinyl bekas tekstil
· Karton yang telah dibuat membetuk lingkaran dengan berdiameter 5 cm
· Tali berwarna bebas yang memiliki panjang kurang lebih 80 - 100 cm dan memiliki permukaan yang datar seperti tali sepatu.
· Gunting
· Pensil
· Mesin jahit
· Lem
· Penjepit pakaian

Cara pembuatan


1. Ambil kertas karton yang telah dibentuk menjadi lingkaran dengan diameter 5 cm dan lapisi bagian belakang lingkaran karton dengan kain vinyl. Buatlah kain vinyl memiliki diameter yang sama. pada kerajinan ini setidaknya akan membutuhkan sekitar 17 lingkaran dengan ukuran yang sama yakni berdiameter 5 cm. Jika sudah berjumlah 17 buah, potong ke 17 lingkaran menjadi 2 bagian dan rekatkan dengan kain vinyl pada masing-masing setengah lingkaran dan tumpuk menjadi dua pada masing-masing setengah lingkaran.


2. Sekarang gunakan mesin jahit yang telah disiapkan. Tempatkan setengah lingkaran diatas permukaan jahit. Tidak lupa juga untuk memberikan tali datar yang telah disediakan dan tempatkan tali di bawah setengah lingkaran. Tali datar tersebut nantinya akan menjadi penyatu hiasan yang dibuat.


3. Jika semua setengah lingkaran telah dijahit secara lurus, maka hasilnya akan seperti pada gambar berikut. Pastikan pada bagian yang telah dijahit haruslah kuat karena jika masih longar maka akan menghambat pembuatan pada proses selanjutnya.


4. Setelah dijahit, kemudian tambahkan lem pada ujung setengah lingkaran yang telah dijahit dan satukan pada sisi sampingnya. Gunakan lem yang kuat seperti lem uhu atau lem lainnya yang dapat merekat kuat. Beri lem pada ke 17 setengah lingkaran tersebut.


5. Tempel pada sisi yang berada pada samping setengah lingkaran. Contoh jika anda memberikan lem pada sisi kiri maka tempelkan dengan sisi kanan. Agar lebih jelas dengan cara pengelemamnnya bisa dilihat di gambar berikut. Lakukan juga pada sisi bawah setengah lingkaran.


6. Agar lebih kuat lem merekat pada setengah lingkarannya, gunakan jepitan pakaian untuk mengencangkan perekatan pada ujung dari kedua setengah lingkaran. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut.


7. Lakukan juga pada semua bagian setengah lingkaran dengan penjepit kedua ujung sisi setengah lingkaran dan diamkan beberapa menit hingga lem benar-benar kering dan kuat. Usahakan pemakaian lem secukupnya karena jika terlalu banyak maka akan menyebar keluar permukaan.


8. Tidak lupa juga untuk memberikan pengencangan tali pada kalung yang telah dibuat supaya dapat menyesuaikan leher pemakainya. Dengan demikian pembuatan kalung unik dari kertas karton sudah selesai. Kalung ini seperti kalung berbentuk ekor naga.

Oleh: Albert S
(Disadur dari michelemademe.com)