Ingin Membuat Boneka Kertas? Yuk Ikuti Caranya!

20 April 2018 Tutorial Lain-Lain


Ide kreatif memang tak mengenal usia. Ketika masih anak-anak, kita juga diajarkan yang namanya kreativitas saat mempelajari seni. Kreativitas sendiri juga bisa membuat anak-anak menciptakan sesuatu yang bermanfaat dari barang-barang bekas. Tidak hanya itu, kreativitas juga membuat seni menjadi unik serta menarik pada hasilnya.

Nah, kali ini kita akan membuat boneka kertas yang unik dan menarik. Disamping itu juga, boneka ini juga memiliki sisi yang menyeramkan. Bagaimana pembuatan dan hasilnya? Yuk kita langsung saja sediakan alat dan bahannya terlebih dahulu seperti:

Alat dan bahan


· Kertas berwarna dengan ukuran 21,5 cm x 27,5 cm (warna sesuai dengan keinginan)
· Mata boneka
· Lem stik
· Pom-pom (benang yang dipadatkan menjadi bulat.)
· Kawat bunga

Cara Pembuatan:


1. Pertama-tama, ambil kertas warna sudah disediakan. Untuk warna bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Perhatikan posisi kertas berikut. Posisi kertas harus seperti pada gambar. Jadi panjang kertas berada di posisi bawah dan lebar pada bagian atas.


2. Kemudian, lipat kertas menjadi 3 bagian. Lipatlah secara lurus dan seperti melipat isi amplop pada surat. Usahakan agar kertas tidak memiliki angin pada setiap lipatannya karena akan membuat kertas mudah kembali kebentuk asalnya.


3. Setelah itu,lipat menjadi 4 bagian. Perhatikan juga ketika melakukan proses pelipatan pada kertas warnanya. Pada tiap lipatan usahakan terlipat dengan rapi agar tidak menimbulkan adanya rongga angin pada kertas yang telah dilipat dan tidak lupa pada saat melipat harus tepat antara sisi satu dengan lainnya. Untuk cara pelipatannya bisa dilihat pada gambar berikut.


4. Kemudian lihatlah pada bagian ujung kiri dan kanan kertas. Pada tiap ujung kertas ini memiliki bagian yang kosong. Bukalah bagian kosong tersebut. Pada bagian ini nantinya akan dijadikan sebagai tempat masuknya tangan seperti boneka yang bisa berbicara. Anda dapat membukanya secara pelan-pelan untuk menghindari kertas sobek. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut.


5. Setelah itu, potonglah karton berbentuk bulat dengan ukuran yang agak besar kemudian tempel pada bagian atas dari salah satu sisi kosong. Lalu tidak lupa untuk tambahkan hiasan seperti mata boneka, gigi yang telah dibuat serta kawat bunga sebagai hiasan kepalanya.

Dengan ini, boneka kertas monster telah anda buat dan siap untuk dimainkan bersama teman-teman.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari alphamom.com)
Tags