Hias Rumah Anda dengan Kain Perca Batik

29 Maret 2015 Tutorial Lain-Lain


Batik termasuk sebagai budaya cagar alam indonesia. Hak ini dapat diketahui dari ciri khas pola batik itu sendiri yang telah direpresentasikan dalam bentuk bahan, kemeja, sprei, gordain , dan lain sebagainnya.

Motif batik kini telah menjadi standar bagi berbagai kalangan, dengan melihat dari texturenya saja orang akan mengetahui asal motif ini. Dengan adanya keanekaragaman seperti ini sangatlah memudahkan bagi orang untuk menentukan pilihan motif yang mereka suka, dan tentunya ini dapat membantu para konsumen untuk lebih mudah lagi mencari motif yang sejenis.

Jika anda suka membuat pakaian dari bahan batik, dengan membeli bahan sendiri lalu meminta ke tukang jahit buatkan sesuai dengan model pilihan kita. Lantas mintalah pada penjahit tersebut untuk tidak membuang kain sisanya. Karena itu sangat bermanfaat, seperti hal nya dibawah ini:

1. Partisi Dari Kain Perca Batik

Khusus untuk partisi movable ini, kita bisa sesuaikan dengan bentuk dan ukurannya dengan berbagai fungsi ruangan. Dengan demikian partisi tersebut bisa digunakan untuk beberapa ruangan. Pada dasarnya partisi kayu sudah umum dan cenderung membosankan. Untuk itu kita bisa mencari alternatif lain yaitu menggunakan partisi dari bahan kain.

Satu panelnya bisa juga terdiri atas dua permukaan supaya cocok untuk digunakan dalam ruangan mungil. Kita bisa meletakkannya secara sejajar pada setiap sisi, yaitu kiri dan kanan supaya tata ruang lebih menarik.

Partisi kain sangat menarik karena penambahan material kain pada bidang kayu. Mintalah jasa khusus di tukang kayu untuk memesan sesuai dengan gambaran model partisi yang kita inginkan, warna-warni kain perca batik bisa membuat kelihatan partisi lebih menawan.

2. Bantal Kursi Dari Kain Perca Batik.

Furniture di dalam rumah berfungsi selain untuk menghadirkan kenyamanan juga mempercantik tampilan rumah Anda. Tampilan rumah yang sederhana juga dapat dibuat lebih berwarna dengan kehadiran furniture dan pelengkapnya. Misalnya saja bantal kursi / sofa colourful dari kain perca dan unik. Anda tak perlu repot-repot untuk membeli bantal tersebut. Cukup kreasikan ide anda di rumah untuk mengganti sarung bantal kursi / sofa dengan kain perca.


Alat dan bahan yang harus disiapkan:

- Kain perca batik

- Gunting, penggaris, jarum jahit dan benang

- Busa bekas dari sarung bantal lama

- Aksesoris pelengkap seperti resleting, renda, pita, kancing, payet, dsb.

Cara membuat:

- Setelah semua bahan siap, ukur dahulu ukuran sarung bantal sebelumnya. Untuk cushion standard ukuran berkisar 30 x 30 cm persegi. Ukur dan gunting kain perca (tergantung kreasi, kain perca dapat di mix menjadi 2,3, atau 4 bagian) menjadi 30 x 30 cm.

- Setelah itu lapisi kain perca ukuran 30 x 30 cm dengan kain perca lagi berukuran sama untuk memperkuat ketahanan kain agar tak gampang robek. Buat dua sisi, depan dan belakang kemudian jahit dan sisakan bagian atas untuk tempat resleting dan menaruh busa.

- Setelah itu ukur resleting dan jahit resleting. Untuk mempercantik tampilan sarung bantal anda dapat menambahkan aksesoris lain seperti renda, pita, kancing, dll di sisi tengah atau kiri - kanan bantal sesuai ide dan kreasi anda masing masing.

- Siapkan busa bantal dan taruh ke dalam sarung bantal kreasi anda tadi, dan sarung bantal sofa kain perca anda telah siap untuk ditaruh di furniture rumah anda.

Sangat bervariasi bukan? Silahkan mencobanya untuk mengubah tampilan ruangan rumah anda.

Oleh: Wahyu K.
(Dikutip dari berbagai sumber)