Harmonika dari Kayu

13 Mei 2015 Tutorial Lain-Lain


Semua orang pasti mengenal apa itu alat musik. Ya, alat musik seperti gitar, piano, drum dan berbagai alat musik bisa menciptakan irama dan melodi yang membuat orang dapat menikmatinya dengan cara mendengarkan. Untuk mendapatkan alat musik memang mudah. Di toko-toko musik biasa menjual alat-alat musik yang diinginkan.


Namun untuk tidak membuat alat musik tidaklah harus membutuhkan biaya lebih untuk mendapatkannya. Dengan alat-alat sederhana, kita juga bisa kok untuk memilikinya. Nah, penasaran seperti apa jadinya? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:

· Kertas post-it
· Gunting
· Karet gelang berukuran sedang dan kecil
· 2 buah Stik kayu yang berwarna (warna bebas)

Cara pembuatan:


1. Ambil kertas post-it dan potong menjadi 2 bagian dengan ukuran yang sama. ambil juga stik kayu yang disediakan dan tempelkan kedua kertas post-it yang telah dipotong di sebelah kiri dan kanan pada stik kayu. Untuk cara pengelemannya terlihat pada gambar berikut. Untuk pemberian post-it usahakan agak sedikit panjang sehingga tidak cepat rusak ketika digeser nanti.


2. Setelah di rekatkan oleh kertas post-it, ambil karet gelang dan kaitkan pada ujung stik kayu. Untuk melihat cara pemasangannya, silahkan anda dapat melihat pada gambar berikut. Karet gelang yang dipasang ini berfungsi sebagai sumber suara ketika ditiup nanti ketika mengeser post-it yang telah ditempelkan.


3. Ambil stik kayu satunya lagi dan gabungkan dengan stik yang telah diberi karet gelang. Caranya gabungkan dengan karet gelang yang berukuran kecil yang diikatkan pada ujung kedua sisi. Untuk cara mengikatnya bisa dilihat pada gambar berikut. Untuk mengikat tidak perlu terlalu erat karena untuk mengeser kertas post-it akan menjadi susah.


4. Jadilah harmonika buatan tangan dari stik kayu. Untuk memainkannya cukup mudah yakni dengan cara meniup di antara 2 kertas post-it yang diapit seperti gambar. Untuk suara yang rendah menengah hingga tinggi dapat dicoba dengan cara mendekatkan kertas post-it tersebut. semakin dekat, maka bunyi yang dihasilkan semakin keras.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari instrutables.com)
Tags