Gantungan Kunci dari Tanah Liat

12 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Siapa bilang jika kita mengginginkan gantungan pada kunci atau tas harus membelinya? Kita juga bisa membuat gantungan kunci yang kita inginkan dari tanah liat. Dengan memanfaatkan barang yang sederhana, kita juga bisa melatih daya kreativitas dan bisa saja menjadi peluang untuk berbisnis dengan orang lain.


Dengan berbahan tanah liat, gantungan kunci ini tidak kalah menariknya kok dengan gantungan kunci lainnya. Penasaran bentuknya akan seperti apa? Yuk kita lihat cara membuatnya.

Persiapkan alat dan bahannya seperti:

· Tanah liat polimer
· Berlian tiruan (manik-manik berlian yang rata pada bagian dasarnya)
· Cincin gantungan kunci
· Oven (jangan digunakan untuk memanaskan makanan setelah memanaskan tanah liat polimer)
· Pembentuk kue (bentuk bebas namun contohnya adalah bentuk beruang)
· Pinset
· Isi tinta spidol kecil
· Buku hardcover yang tebal
· Nampan logam untuk tempat pola yang akan dipanaskan di oven

Apabila telah menyediakan alat dan bahannya, langsung saja kita lihat cara kerjanya.


1. Siapkan tanah liat polimernya. Tanah liat polimer dari kemasan memang pada awalnya kering dan keras. Coba anda lenturkan tanah liat polimernya dengan cara dipijat-pijat atau remas-remas supaya tanah liatnya mudah dibentuk.


2. Tetap terus memijat tanah liat polimernya dengan jari-jari sampai semua permukaannya tidak ada retakan sama sekali.


3. Jika tidak ada lagi retakan di segala sisi permukaan tanah liat, bentuklah menyerupai bola dengan permukaan yang rapi.


4. Ambil buku hardcover dan tekan bola tanah liat dengan buku hardcover. Usahakan agar semua sisi yang ditekan rata tanpa muncul timbulan di sekitar sisi tanah liat. Tekan sampai tanah liat memiliki ketebalan sekitar 1 cm.


5. Tempatkan pembentuk kue diatas tanah liat dan tekan.


6. Apabila sudah ditekan menyerupai bentuk pembentuk kue, ambil hasil dari pembentuk kue tadi (disini bentuknya beruang). Jika ingin sisi lebih rapi, silahkan ratakan sisi pinggir dengan menggunakan kembali pembentuk kuenya.


7. Gunakan isi spidol kecil untuk melubangi bagian atas kepala beruang. Lubang ini nantinya akan digunakan untuk mengaitkan cincin gantungan kunci.


8. Posisikan manik-manik berlian yang telah disiapkan di tiap sisi yang diinginkan dengan pinset / penjepit. Disini terdapat 15 manik-manik berlian pada gantungan kunci beruang.


9. Apabila telah memasangkan manik berliannya, tekan berliannya dengan menggunakan isi spidol kecil ke dalam sampai rata antara permukaan berlian dan tanah liatnnya. Lakukan ke semua berlian.


10. Jika sudah semua di berikan manik-manik berliannya, siapkan nampan dari logam untuk dipanaskan dengan oven. Hal ini dilakukan agar pola gantungan beruang lebih kuat. Panaskan sekitar 30 menit.


11. Jika sudah pada batas waktu, segera keluarkan dan biarkan terkena angin hingga dingin. Setelah dingin, kemudian pasangkan cincin gantungan kunci pada lubang diatas kepala beruang.


12. Gantungan kunci berbentuk beruang dapat anda gunakan untuk memperindah aksesorinya seperti tas, kunci dan alat lainnya.

(Dikutip dari craftpassion.com)
Tags